Halaman

Selasa, 13 Juli 2010

bunga anggrek: Suatu Sore di Flona 2010

bunga anggrek: Suatu Sore di Flona 2010


Suatu Sore di Flona 2010

Posted: 13 Jul 2010 12:34 AM PDT

Sabtu lalu saya berkesempatan mengunjungi pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng Jakarta. Acara ini memang masuk dalam agenda tahunan saya yang wajib di kunjungi. Belum tentu beli juga sih, minimal mata yang biasanya menatap debu jalan jadi segar lagi karena melihat hijau hijauan.

Di iringi langit yang mendung saya dan anak saya memasuki area Lapangan Banteng. Suasana ramai saat itu. Mungkin karena pas akhir minggu dan hari libur pula. Jajaran tenda-tenda putih langsung menyambut langkah kami. Isinya penuh dengan tanaman dan beberapa produk yang terbuat dari tanaman tersebut.

Melangkah lebih jauh ke dalam area, berjajar tenda tenda yang isinya nyaris seragam, yaitu tanaman yang di bonsai. Cantik sekali. Sambil jepret sana sini saya berjalan terus menyusuri jajaran tenda-tenda. Tanaman di sini beraneka ragam macam dan harganya. Dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah. Fantastis ya. Kadang tak masuk dalam otak saya bahwa sebuah tanaman dalam pot tanpa bunga dihargai ratusan juta rupiah dan di beli orang pula.

Penyerbukan <b>Anggrek</b> Langka Yang Menakjubkan

Posted: 04 Jul 2010 06:22 PM PDT

Hammer Orchid telah menetapkan metode penyerbukan mereka yang HANYA diserbuki oleh tawon thynnid. Itu karena labellum bunga ini telah berkembang menyerupai perut seekor tawon thynnid betina.



Sang tawon jantan yang sedang terbang di sekitar anggrek sangat terpikat oleh pheromone yang diproduksi bunga lalu mendarat di atasnya, membuat batang bereaksi bergerak mundur (gerakan berulang-ulang sehingga menyerupai gerakan palu). yang lalu membawa tawon jantan ke paket serbuk sari lengket. tawon jantan yang sadar telah tertipu lalu akan menjadi bosan mencoba dan terbang.

Bagian-Bagian <b>Bunga Anggrek</b> « Horteens

Posted: 17 Jun 2010 08:06 PM PDT


Keindahan tanaman anggrek terletak pada bunganya yang unik dan beraneka warna. Gambar di bawah menunjukkan bahwa bunga anggrek tersusun dari tiga buah sepal (kelopak bunga) dan tiga buah petal (mahkota bunga). Satu dari petal terjadi modifikasi membentuk labellum (bibir bunga).

Bagian-bagian Bunga Anggrek

Labellum ini merupakan sebuah daya tarik tersendiri yang merupakan ciri keunikan dari suatu jenis karena memiliki bentuk dan warna yang beragam. Selain itu labellum berfungsi sebagai daya tarik bagi lebah untuk menghisap madu. Kedatangan lebah ini dapat membantu terjadinya penyerbukan. Bunga anggrek juga memiliki collum yaitu tempat kedudukan kelamin jantan dan betina (Rudhy, 2006).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar