Halaman

Jumat, 16 Juli 2010

bunga anggrek: Singapore Garden Festival 2010

bunga anggrek: Singapore Garden Festival 2010


Singapore Garden Festival 2010

Posted: 16 Jul 2010 07:35 AM PDT

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);

» -<b>anggrek</b> ungu ..- Heart Rainbow

Posted: 15 Jul 2010 07:39 PM PDT

Aku duduk termangu di meja makan, dengan memandangi bunga anggrek itu. Mas Han masuk rumah, seperti biasa ku kecup tangan kanannya dan ku ucap salam. "Seneng ya?" tanyanya yang melihatku asyik mengamati anggrek. ...

Gudang Materi : Tumbuhan Berbiji Dikotil

Posted: 15 Jul 2010 02:44 AM PDT

Dalam pembelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang alam sekitar secara sistematis, sehingga ilmu biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep, penemuan pendidikan biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitar beserta isinya yang terdiri dari dua macam yaitu makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik) antara lain misanya tumbuhan seperti dikotil (Bambang, 1998) Hampir setiap jenis lansekap, kebanyakan tumbuhan yang kita lihat adalah tumbuh-tumbuhan berbiji, yang disebut demikian karena tumbuhan jenis ini berbiak silang dengan memakai biji.

Tumbuhan seperti di atas tida hanya termasuk pembawa biji tetapi juga termasuk paku yang sebenarnya tidak berbiji. Taksonomi Tumbuhan Tinggi merupakan salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang tumbuhan dan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh-tumbuhan yang menyebabkan tumbuhan tersebut dapat hidup atau mati serta berkembang.

Dengan mempelajari taksonomi tumbuhan, kita dapat membedakan berbebagai jenis tumbuhan yang termasuk tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tinggkat tinggi. Pada dasarnya gejala di tampakkan oleh tumbuhan dapat di terang berdasarkan prinsip-prinsip kimia dan fisika, beberapa proses metabolisme tubuh dapat dijelaskan secara rinci tentang prinsip-prinsip kimia dan fisika yang terlibat di mana penjelasan ini telah dapat diterima oleh para ahli fisiologi tumbuan dengan tampa keraguaan.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis dapat merumuskan suatu permasalahan dalam makalah ini antara lain sebagai berikut :

1. Tinjauan umum tetang angiospermae?
2. Bagaimana klasifikasi Angiospermae secara umum yang meliputi dicotile dan monocotile ?
3. Bagaima perbedaan kelas tumbuh dicotilil atau tumbuhan biji belah ?

C. Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah di atas maka penulis dapat memahami tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui tetang angiospermae secara umum
2. Untuk mengetahui klasifikasi Angiospermae secara umum yang meliputi dicotile dan monocotile
3. Untuk mengetahui perbedaan kelas tumbuh dicotilil atau tumbuhan biji belah.

Tumbuhan Berbiji ( Dicotil )

A. Tinjauan Umum Tentang Angiospermae

Angiospermae, tumbuhan yang tergolong dalam anak divisi ini berupa pohon-pepohonan, semak-semak maupun terna dengan batang yang bercabang monopodial atau simpodial. Berkas pengangkutan kolateral terbuka atau tertutup. Ada pula yang bokolateral, dalam akar selalu radikal. Dalam xilem selalu terdapat trakea dan trakeida.

Batang dapat menunjukkan penebalan sekunder oleh karena aktivitas suatu jaringan yang melingkar. Kambium batang berserta daun amat bermacam-macam bentuk dan susunannya.

B. Klasifikasi Angiospermae secara umum yang meliputi dicotile dan monocotile

a. Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup)

Angiospermae memiliki ciri antara lain :
• Memiliki bakal biji atau biji yang tertutup oleh daun buah
• Mempunyai bunga sejati
• Umumnya tumbuhan berupa pohon, perdu, semak, liana dan herba.
• Dalam reproduksi terjadi pembuahan ganda.

Sedangkan dilihat dari strukturnya Angiospermae dibedakan menjadi dua yaitu :

a. Monocotyledoneae (berkeping satu)

Monocotyledoneae dengan ciri khas antara lain :

1) Mempunyai biji berkeping satu
2) Berakar serabut
3) Batangnya dari pangkal sampai ujung hampir sama besarnya.
4) Tidak bercabang.
5) Akar dan batang tidak berkambium.

Sebagai contoh misalnya : Oryza sativa (padi), Zea mays (jagung), Musa paradisiaca (pisang), Cocos nucifera (kelapa).

b. Dicotyledoneae (berkeping dua).

Dicotyledoneae dengan ciri khas antara lain :

1) Mempunyai biji jumlah kepingnya dua
2) Berakar tunggang
3) Batang dari pangkal besar makin ke atas makin kecil.
4) Batang bercabang
5) Akar dan batang berkambium.

Sebagai contoh misalnya : Casia siamea (johar), Arachis hypogea (kacang tanah), Psidium guajava (jambu biji), Ficus elastica (karet).

C. Kelas tumbuh dicotilil atau tumbuhan Biji belah

Tumbuhan-tumbuhan yang tergolong dalam kelas ini meliputi terna, semak-semak, perdu maupun pohon-pohon yang seperti telah disebutkan terdahulu dapat dikenal karena mempunyai ciri-ciri sebagai
berikut :

Adapun ciri-cirinya antara lain :

1. Seperti namanya telah menyebutkan tumbuh-tumbuhan ini mempunyai lembaga dengan dua daun lembaga (berbiji belah) dan akar serta pucuk lembaga yang tidak mempunyai pelindung yang khusus.
2. Akar lembaga tumbuh terus menjadi akar pokok (akar tunggal) yang bercabang-cabang dan membentuk sistem akar tunggang.
3. batang berbentuk kerucut panjang. Biasanya bercabang-cabang dengan ruas-ruas dan buku-buku yang tidak jelas
4. Duduk daun biasanya tersebar atau berkarang, kadang-kadang menyirip atau menjari
5. daun tunggal atau majemuk, seringkali disertai oleh daun-daun penumpu, jarang mempunyai pelepah, helaian daun bertulang menyirip atau menjari.
6. pada cabang-cabang ke samping sering kali terdapat 2 daun pertama yang letaknya tegak lurus pada bidang median di kanan kiri cabang tersebut.
7. Bunga bersifat di-tetra atau pentamer.

D. Ciri-ciri Anatominya

Adapun ciri-ciri anatomi dari dicotile adalah sebagai berikut :

1. Baik akar maupun batang mempunyai kambium, hingga akar maupun batangnya memperlihatkan pertumbuhan menebal sekunder.
2. Pada akar sifat radikal berkas pengangkutanya hanya nyata pada akar yang belum mengadakan pertumbuhan menebal.
3. Pada batang bekas pengangkutan tersusun dalam lingkaran dengan xilem di sebelah dalam dan floem di sebelah luar, diantarannya terdapat kambium, jadi bekas pengangkutannya bersifat kolateral terbuka, kadang-kadang bikolateral.

Berdasarkan pendapat uraian ciri-ciri di atas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa tumbuhan dicotile dilihat dari struktur anatominya memiliki perbedaan dengan tumbuhan lain seperti akar batannya mempunyai kambium, sifatnya radikal serta batang bekas mengangkutan tersusun dalam bentuk lingkaran diantaranya terdapat kambium.

Dicotiledonae dapat dibedakan dalam 3 anak kelas :Monocmyceae (apatelae), Dialypetalae, dan Sympetalae. Yang perbedaanya terletak dalam ada dan tidaknya daun-daun mahkota (petalae) dan bagaimana susunan daun-daun mahkota tersebut. Sementara penulis telah menelusuri berbagai referensi penulis menemukan adanya suatu perbedaan antara 2 kelas saja yaitu :

a. Choripetalae yang meliputi Apetalae dan Dialypetalae
b. Sympetalae

Berdasarkan ketiga anak kelas tersebut yang mana yang paling primitif tidak terhadap persesuaian pendapat. Ada yang mengganggap Monochlamydeae yang paling primitif dengan alasan : belum terdapatnya hiasan bunga dan cara penyerbukan yang anemogami, jadi mempunyai sifat-sifat yang mendekati sifat-sifat Gymnospermae.

Sebaliknya ada yang menganggap Dialypetalae yang paling primitif melihat jumlah daun-daun hiasan bunga yang besar dan susunanya menurut spiral seperti daun-daun pada cabang biasa. Juga masih banyak terdapat apokarpi pada bunganya.

Tumbuhan berbiji menunjukkan keanakaragaman struktur, pertumbuhan, dan proses-proses perkembangbiakan yang sungguh mengagumkan. Meskipun begitu, tumbuhan ini semuannya mempunyai
ciri-ciri umum tertentu seperti :

1. Struktur perkembangbiakan yang khas adalah biji, yang dihasilkan oleh bunga ataupun runjung.
2. Sperma, atau sel kelamin jantan, menuju ke telur, atau sel kelamin betina, melalui suatu bangun yang disebut tabung serbuk sari, yang hanya terdapat pada tumbuh-tumbuhan berbiji.
3. Tumbuhan berbiji memiliki jaringan pembuluh yang rumit.4. Pada hakikatnya semua tumbuhan berbiji memiliki pigmen hijau klorofil.

Sedangkan kalau kita melihat dari segi agama, tumbuhan itu telah dinikmati sekian tahun manfaat dan fungsi yang kita peroleh. Dalam agama juga menjelaskan bahwa setiap ada dimuka bumi pasti memiliki suatu perbedaan dan suatu manfaat yang berbeda-beda. Al-qur’an adalah wahyu terakhir yang diturunkan kepada umat manusia melalui nabi Muhammad Saw sebagai landasan menuju cahaya Ilahi.

Al-qur’an turun sebagai mu’jizat bagi nabi Muhammad. Kemu’jizatan al-Qur’an dapat dilihat dari berbagai aspek. Bahasa yang digunakan al-Qur’an menjadi salah satu bukti konkret akan kebesarannya. Bahkan untuk menunjukkan keautentikan al-Qur’an, Allah pun menantang semua makhluk untuk membuat atau mengarang ayat-ayat yang menyerupai ayat-ayat al-Qur’an.

Al-qur’an sebagai kitab suci memuat berbagai persoalan yang menjadi kebutuhan manusia yang salah satunya kebutuhan terhadap suatu tumbuhan, hewan, binatang serta manfaat lainnya. Secara garis besar, kandungan al-Qur’an terdiri dari ajaran tauhid, syariah, cerita - cerita masa lalu, manfaat dari suatu makhluk alam lainnya.

Al-qur’an turun sebagai landasan bagi umat Islam dalam menjalankan roda kehidupan seperti dalam memenuhi kebutuhan hidup dalam memelihara tumbuhan, alam sekitar. Tentu menjadi keharusan bagi umat Islam untuk membaca, mengkaji dan mempelajari nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an tersebut.

Seperti tumbuhan biji memiliki manfaat di muka bumi yang bukan hanya satu tetapi lebihdari apa yang kita nikmati dan telah kita peroleh suatu manfaat dari padanya.

Artinya:
”sesungguhnya apa yang tumbuh di bumi ini, ada padanya obat dan racun, kecuali beras (padi) sesungguhnya ia adalah obat melulu tidak mengandung racun (HR. Sayyidina Ali)

Sedangkan dalam al-Qur’an Allah menjelaskan pada surat an- Nahl ayat 68-69 yang berbunyi :

Artinya : Dan Tuhanmu telah mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang ai bukit-bukit di pohon-pohon kayu dan di tempat yang itu buatlah oleh manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhamnu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluarlah madu yang
berbeda-beda warnanya. Pada yang demikian itu terdapat tandatanda kekuasaan Allah bagi yang mau berfikir (Q.S. An-Nahl, 28-29)

Berdasarakan terjemahan hadits di atas kami dapat memahami  bahwa tumbuhan yang salah satunya disebutkan adalah padi memiliki manfaat yang sangat bagus, yang pada padi tersebut tidak terdapat hal
yang menyebabkan keracunan, sedangkan pada tumbuhan lain juga ada tetapi Allah menjelaskannya pada hadits-hadits lain.

Berdasarkan hasil penelitian para pakar mengatakan bahwa terdapat hampir 30 ordo angiospermae. Ordo-ordo ini dibagi lagi menjadi sekitar 300 famili, yang tidak dapat diuraikan dengan ringkas
mengenai jenis ini. Ordo-ordo monokotil meliputi tumbuhan ekor kucing, rumput, alang-alang, bunga bakung, bunga tulis, bunga narsis, bunga iris, amarillyd, palem, pisang, dan bunga anggrek.

Sedangkan kasus yang sering terjadi seperti kalau kita melihat dari segi pemakaian manusia tentang angiospermae khususnya tumbuhan berbiji yang dikenal dengan dicotile ini mempunyai arti lebih penting dalam kehidupan kita daripada kelompok tumbuhan lain yang manapun. Secara umum angiospermae berguna bagi manusia.

Kita memperoleh beberapa produk tumbuhan yang paling berguna dari angiospermae. Angiospermae ini merupakan sumber makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah berkulit keras.Angiospermae menyediakan kayu keras seperti kayu oak, hibkoru, mapel, cerii dan kayu mahoni bagi kita., kita memperoleh minuman yang bukan alkohol dari tanaman kopi, teh, dan tanaman coklat, serta memperoleh serta dari kapas, rami dan dari tumbuhan ganja.

Angiospermae juga memberikan aroma bumbu rempah - rempah, yang tentunya akan menghasilkan produk getah seperti karet, chicle, dan guttapercha, menghasikan minyak atsiri yang dipakai dalam parfum.

Makroskopis dengan ketinggian bervariasi, Bentuk tubuhnya bervariasi, Cara hidup fotoautotrof, Habitatnya kebanyakan di darat tapi ada juga yang mengapung di air (teratai), Mempunyai pembuluh floem dan xilem, Reproduksi melalui penyerbukan (polinasi) dan pembuahan (fertilisasi).

Sedangkan pada Gymnospermae mencakup tiga divisio yang telah punah dan empat divisio yang masih bertahan:Bennetophyta, Cordaitophyta, Pteridospermophyta, Angiospermae, Ginkgophyta, Cycadophyta, Pinophyta, Gnetophyta, Gnetum (melinjo dan kerabatnya) dan Welwitschia. Di sana kita dapat melihat suatu
perbedaan yang mendasar antara keduannya.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian materi di atas dapat penulis simpulkan bahwa :

1. Angiospermae, tumbuhan yang tergolong dalam anak divisi ini berupa pohon-pepohonan, semak-semak maupun terna dengan batang yang bercabang monopodial atau simpodial. Berkas pengangkutan kolateral
terbuka atau tertutup.

2. Dicotyledoneae (berkeping dua). Dicotyledoneae dengan ciri khas antara lain : Mempunyai biji jumlah kepingnya dua, Berakar tunggang, Batang dari pangkal besar makin ke atas makin kecil, Batang bercabang, Akar dan batang berkambium.

3. Tumbuhan-tumbuhan yang tergolong dalam kelas ini meliputi terna, semaksemak, perdu maupun pohon-pohon yang seperti telah disebutkan terdahulu dapat dikenal karena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : Seperti namanya telah menyebutkan tumbuh-tumbuhan ini mempunyai lembaga dengan dua daun lembaga (berbiji belah) dan akar serta pucuk lembaga yang tidak mempunyai pelindung yang khusus serta Akar lembaga tumbuh terus menjadi akar pokok (akar tunggal) yang bercabang-cabang dan
membentuk sistem akar tunggang.

4. Ciri-ciri anatomi dari dicotile antara lain baik akar maupun batang mempunyai kambium, hingga akar maupun batangnya memperlihatkan pertumbuhan menebal sekunder, Pada akar sifat radikal berkas pengangkutanya hanya nyata pada akar yang belum mengadakan pertumbuhan menebal dan pada batang bekas pengangkutan tersusun dalam lingkaran dengan xilem di sebelah dalam dan floem di sebelah luar, diantarannya terdapat kambium, jadi bekas pengangkutannya bersifat kolateral terbuka, kadang-kadang bikolateral.

Daftar Pustaka

1. Moore RT. 1980. "Taxonomic proposals for the classification of marine yeasts and other yeast-like fungi including the smuts". Botanica Marine 23: 361–73 The classification system presented here is based on the 2007 phylogenetic study by Hibbett et all
2. http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&id=98263&src=a
3. Entjang. Indan.2003. Mikrobiologi & Parasitologi. PT.Citra Aditya bakti. Bandung.
4. Gould. Dinah.2003. Mikrobiologi Terapan Untuk Perawat. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
5. Melnick. Jawetz. 1996. Mikrobiologi Kedokteran. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
6. www. arthur@fk.unair.ac.id. 29, Maret 2008

sumber : http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/06/dicotile-tumbuhan-berbiji.html

Pekan Flora Flori 2010 di Batam Centre

Posted: 15 Jul 2010 03:34 AM PDT

Kalau sore ini gak ada acara mendingan mampir di pekan flora flori yang di gelar di Batam Centre, Selain bisa foto diatas replika jembatan barelang bisa juga dapat bunga anggrek gratis , nyoba buah dan sejenisnya(maksudnya jus ,kripik…) atau dapat buku buku tentang buah2an juga bunga gratis…

ini contohnya teman saya Hadi yang baru pulang. (saya tadi kesana cuma lewat thok gak mampir,mungkin sebentar lagi habis post tulisan ini). Banyak buku2 cara menanam kacang panjang salah satunya menggelitik benak saya. Maklum sayuran apalagi cabe muahaaaalllllllllllll amir sekarang, siapa tau bisa nanam di pot. sebenarnya nanam di pot sudah saya lakukan 6 bulan yang lalu tapi entah mengapa cabe ini tak mau berbuah juga… idem juga untukpohon  tomat yang sudah mati dan sekarang udah tanam dan tumbuh. Makanya saya penasaran ke pekan flora flori ini…

Ikut????? :) :)


» Menteri Pertanian Buka PF2N 2010 Website Bagian Humas Setdako <b>...</b>

Posted: 14 Jul 2010 07:44 PM PDT

*Diramaikan Oleh 181 Peserta

BATAM- Secara resmi, hari ini, Kamis (15/7) Menteri Pertanian, Suswono membuka Pekan Flori Flora Nasional (PF2N) 2010 di Engku Putri, Batam Centre bersama dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Pameran bunga, buah dan sayur ini diikuti oleh 181 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Peserta berasal dari berbagai daerah yang tersebar di 31 Provinsi di Indonesia kecuali Lampung dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Sementara peserta dari luar negeri berasal dari Thailand dan Malaysia yang masing-masing memesan dua stand.
Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, PF2N akan berlangsung sepekan dan berakhir pada Kamis (22/7) mendatang. Kegiatan PF2N ini bertujuan untuk mempromosikan hasil pembangunan dan produk hortikultura, termasuk pemberian informasi peluang investasi dibidang hortikultura dan penjajakan kerjasama bisnis antar pelaku usaha. Kegiatan lain yang akan digelar untuk meramaikan event ini seperti lomba tanaman hias tanaman anggrek, lomba merangkai bunga, lomba sanseviera aglonema puring, lomba tanaman anggrek dan lomba stand terbaik. Disamping itu masyarakat juga dapat mengikuti kursus dan demo tanaman hias.

"Dirjen Hortikultura juga akan melakukan penandatanganan MoU dengan Carrefour yang disaksikan langsung oleh Menteri. Juga akan ada penyerahan benih sayur dari PT East West Seed Indonesia (EWSI) kepada Dirjen Hortikultura," jelas Yusfa.

Pengunjung  juga  dapat  mengikuti seminar peningkatan kualitas kebun tanaman hias yang akan diselenggarakan pada Jumat (16/7) esok,  di Pusat  Informasi  Haji  (PIH)  Batam  Centre. Yang akan  hadir sebagai pembicara pada acara itu seperi Dr. Suryo Wiyono, Ahli Agens Hayati IPB, Ir Rusidi, pakar pupuk organik PT Sang Hyang Sri, Marsudiyono, Peneliti PT Pertani dan Wawan K. Sumadiredja selaku Tenaga Ahli Pupul Organik PT Biosap.  Seminar lain yang dapat diikuti yakni seminar landscape Indonesia dan seminar industri peranggrekan yang digelar pada hari yang sama.

Sementara jadwal untuk lomba tanaman anggrek telah dimulai pada Kamis (14/7) bersamaan dengan lomba merangkai bunga.  Tempat penyelenggaraan lomba tanaman anggrek ini dilakukan di pusat acara pameran di Dataran Engku Putri, sementara untuk lomba merangkai bunga dilangsungkan di lantai IV Kantor Walikota. Pada saat pembukaan acara tersebut, Menteri Pertanian akan menyerahkan sertifikat varietas dari kepada Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Serta penyerahan bibit secara simbolik yang juga dilakukan oleh Menteri Pertanian, peninjauan stand dan aneka kegiatan lain.

Turut memeriahkan acara tersebut, artis Uli Sigar juga bakal hadir menyemarakkan acara pembukaan dengan menampilkan pementasan seni nyanyian anak alam. Pada hari perdana pelaksanaan PF2N ini juga digelar lomba stan cluster tanaman buah, lomba stan cluster tanaman hias dan lomba stan cluster tanaman sayuran dan biofarmaka. Untuk memeriahkan acara PF2N ini, Pemko Batam menghimbau masyarakat di Kota Batam untuk beramai-ramai mengunjungi arena pameran yang dipusatkan di Jalan Engku Putri, Batam Centre. Yang tak kalah menariknya, pada Sabtu (17/7) masyarakat dapat menyaksikan pawai kendaraan hias yang diikuti oleh peserta dari dalam dan luar Batam.(***)

Demikian Bagian Humas Pemko Batam.

www.humasbatam.com

37 Peserta Berlomba Merangkai <b>Bunga</b> | BATAM CYBER ZONE

Posted: 14 Jul 2010 06:44 PM PDT

Jelang PF2N Dibuka Hari Ini
BATAM CENTRE (BCZ) – Rangkaian kegiatan pertama Pekan Flori Flora Nasional (PF2N) dimulai dengan lomba merangkai bunga, Rabu (14/7) di kantor Wali Kota Batam. Sebanyak 37 peserta dari berbagai kota di Indonesia mengikuti kegiatan ini.
Juri lomba merangkai bunga, Samuel Elkana mengatakan, ada berbagai kriteria penilaian diantaranya ide dan kreativitas, pemilihan materi yang sesuai dengan tema Bungaku Indonesiaku, juga kesegaran dan kualitas bahan, proporsi pemilihan warna, serta teknik dan mekanikal.
"Peserta yang menggunakan bunga-bungan asli Indonesia akan mendapatkan nilai lebih," katanya di sela-sela penilaian, kemarin.
Menurut Samuel, kriteria penilaian dianggap cukup berat sesuai standar nasional. "Tujuannya untuk lebih mempopulerkan dan memperkenalkan bunga-bunga asli Indonesia," katanya.
Nawan Kastarja dari Direktorat Tanaman Hias Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang ikut menyaksikan lomba, mengatakan harapannya para peserta bisa mengembangkan industri florikultural budidaya untuk memajukan hortikultura. "Dengan kegiatan ini bisa bermunculan wirausaha di bidang florist," katanya.
Menurut Nawan, dari semua peserta juri akan memilih tiga orang pemenang. Namun, hasil karya dari para peserta akan dipajang di stan selama PF2N berlangsung. "Pemenang akan diumumkan saat pembukaan (hari ini). Juara akan diberikan hadiah langsung oleh menteri pertanian," terangnya.
Bunga yang banyak dipakai para peserta antara lain mawar, matahari, dan anggrek. Peserta didominasi ibu-ibu. Namun di antaranya ada tiga orang peserta pria.
Salah satunya Yos. Laki-laki asal Jakarta ini sudah berkecimpung di dunia merangkai bunga selama 12 tahun. Ia pun sering mendapatkan juara di ajang merangkai bunga tingkat nasional dan internasional.
Dalam ajang kali ini, ia menggunakan bunga mawar, aster, bayam, dan anthurium. Wadah yang digunakannya merupakan media yang berasal dari campuran kayu dan kulit telur. "Tema yang diangkat yaitu Cintailah Produk Indonesia untuk Meningkatkan Pertanian Indonesia," tuturnya.
Sekadar diketahui, Menteri Pertanian (Mentan) Siswono akan membuka acara Pekan Flori-Flora Nasional (PF2N), Kamis (15/7) pagi ini di Jalan Engku Putri, Batam Centre.

Aneka Tanaman dalam Wadah Kaca
Jumlah stan di arena PF2N, Jalan Engku Putri Batam Centre, kemarin (14/7) makin bertambah banyak. Begitu pula tanaman yang dipamerkan makin banyak. Salah satu yang menarik perhatian warga, yaitu aneka tanaman yang ditanam dalam wadah kaca atau terarium. Disebut menarik, karena Terarium ini memanfaatkan limbah kaca yang ada di Batam.
"Tujuan saya membuat terarium, tidak lain memanfaatkan limbah dari bahan kaca. Limbah kaca itu jadi ekonomis, sekaligus melestarikan lingkungan," kata Asri, Pemilik Stan Asri Fiesta saat ditemui Batam Pos di arena pameran PF2N, Rabu (14/7).
Terarium, kata Asri adalah seni membuat hutan kecil dalam wadah kaca dengan beragam bentuk. Ada berbentuk segi empat ukuran kecil, sampai ukuran besar. "Tapi yang ukuran besar, tidak dibawa ke pameran ini. Pembuatan terarium ini pengerjaannya di pasar Baloi Persero," paparnya.
Soal hutan kecil dalam terarium, Asri mengaku hal itu karena ada belasan tanaman yang ditanam di wadah kaca tersebut. "Tanaman tersebut umumnya bisa diperoleh di Batam. Jadi tidak terlalu sulit memperolehnya," paparnya.
Untuk tanahnya, Asri menambahkan, sedikitnya ada empat lapisan yang disusun dalam wadah kaca itu. Lapisan tanah itu, di antaranya kompos, sekam dan lainnya.
Termasuk juga batu-batuan menambah kesan alami hutan kecil terarium kian terasa. "Wadah kaca yang merupakan median tumbuh tanaman itu, justru menjadikan terarium berbeda. Begitu pula inovasi dengan mengkombinasikan jenis tanaman yang ditanam," paparnya.
Bagi yang berminat membeli Terarium juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, harga Terarium cuma Rp100 ribu untuk ukuran 10 cm. Jadi cukup terjangkau seluruh lapisan. "Bagi yang berminat bakal memperoleh harga khusus," pungkas Asri. (vie/hda)

Kupretist du Caire

Posted: 14 Jul 2010 09:34 PM PDT

“Gerbang ini bernama Bab Zuwaila!” Terang Mas Rohim sambil jari telunjuk tangan kanannya terarah lurus ke dua menara kembar yang sangat tinggi. Seketika ingatanku kembali melesat ke seseorang istimewa yang pernah kuajak naik ke puncaknya. Kini ia sedang berlibur ke tanah air guna memenuhi beberapa agendanya. Beberapa detik lalu sms nya masuk menanyakan keadaanku di sini. Kenangan indah saat kami berdua melihat pemandangan daerah Old Cairo, atau Kota Tua Kairo. Seakan kami me”replay” ulang kehidupan Daulah Fathimiyyah berabad-abad silam. Dari atas, panorama atraktif Benteng Shalahuddin yang tebal melingkar, seakan-akan sedang menjaga keamanan Masjid Ali Pasya yang bertengger menawan di dataran tinggi tengah benteng tersebut dari ancaman tak diundang.

Tiiit, tiiit, suara klakson Vespa biru muda membuyarkan lamunanku. Perhatianku kembali tertuju ke Mas Rohim yang sedang menjelaskan sejarah Bab Zuwaila. “Pintu ini adalah pasangan dari pintu Bab Futuh. Kalau Bab Futuh berfungsi sebagai gerbang pintu masuk ke kerajaan, Bab Zuwaila berfungsi sebagai gerbang keluar. Dari atas gerbang biasanya Kaisar melepas keberangkatan haji sambil melambaikan tangan ke arah jamaah yang ingin menunaikan haji.” Setelah keterangan selesai kami melanjutkan langkah menuju masjid Thala’i.

Masjid yang mempunyai kawasan lapang tanpa atap di tengahnya ini adalah tempat pertama kali kepala Husein cucu Rasul akan dimakamkan. Sedangkan badannya dikebumikan di Iraq. Tapi karena masjid ini berada di luar daerah kerajaan (Daulah Fathimiyyah) maka dengan alasan keamanan dan beberapa pertimbangan lain, kini kepala cucu nabi tersebut dimakamkan di Masjid Hussein, masjid cantik yang berdiri anggun di seberang kampus dan Masjid Azhar. Berjalan ke depan sebelah kiri masjid, kami memasuki lorong berpagar kios-kios tenun. Subhanallah, indah sekali hasil karya tangan-tangan terampil seniman negeri pasir ini. Bahkan dahulu ketika awal berdiri Ka’bah, kain kiswah untuk penutup Ka’bah diproduksi dan dikirim dari sini. Tapi sekarang sudah tidak lagi.

Derap kaki sekitar dua puluh lima pemuda-pemudi haus sejarah kini ikut meramaikan hiruk pikuk pasar tradisional. “Ani’naaa, ani’naaa!!!” Teriakan lantang penjual daun mint bersahut-sahutan dengan suara penjual lainnya. Juga kicau para pembeli yang merayu pedagang, lumayan bisa menambah perbendaharaan kosakataku untuk tawar-menawar saat belanja nanti. Sementara Si Hitam Panjang kamera teman-teman tak hentinya terarahkan guna mengambil moment humanisme yang kental dengan nuansa Mesir.

Setelah menembus keramaian pasar, kami memasuki tempat pertunjukkan tari sufi. Bangunan beratap kubah ukiran ornamen gaya Turki dengan lantai kayu coklat berpagar setinggi paha. Tempat ini sangat dirawat, bahkan kini hanya digunakan untuk pertunjukkan setahun sekali, yaitu bulan Januari. Selepas berpose dengan penjaga tempat tersebut, kami langsung meluncur ke istana kuning yang tak jauh dari tempat pertunjukkan.

Istana ini seperti halnya Taj Mahal di India, yaitu persembahan untuk Putri kerajaan. Panorama tiap ruang kami telusuri. Sampai ketika kami menemukan ruangan yang terdapat gerigi besar. Akupun langsung berkata dalam hati, “Ini pasti untuk mengalirkan air ke tempat lebih tinggi.” Tak berapa lama mataku menemukan tangga menuju ke atas. Aku tinggalkan teman-temanku dan menaiki tangga sendirian. Tapi tak berapa lama teman-teman juga mengikuti langkahku dibelakang. Ternyata ada banyak ruangan di lantai atas. Ruang yang kini kosong kulukis dengan gambaran bahwa zaman ketika istana ini masih di gunakan, pasti terpenuhi dengan berbagai perabot mewah emas. Lalu di tiap temboknya menempel pajangan atau lukisan serta karya-karya menawan kerajaan. Tak puas rasanya sebelum kami menemukan ujung istana ini. Setelah masuk kanan kiri, kami menemukan ruang kecil di lantai paling atas dengan lubang kotak di tengahnya. Dipinggir kolam ada semacam undakan menyerupai tangga. Perspektif kami ini adalah tempat berendam Sang Putri sambil relaksasi. Karena berada di tempat sunyi dan tertinggi. Ternyata kecantikan Cleopatra juga diajarkan ke keturunannya untuk menjaga tubuh dengan spa.

“Ayo foto keluarga-foto keluarga!!!” Kami segera keluar dan menuruni anak tangga. Sepanjang langkah aku menyatakan bahwa ketika kita jauh dari ibu, bapak, kakak, adik, sesungguhnya teman-teman di sini adalah keluarga kita. Mereka yang lebih tahu keadaan kita. Susah senang kita bagi bersama.

Ternyata di taman tengah berpohon kurma Kak Faiz dan beberapa teman dari IPSC (Indonesian Photograpic Society in Cairo) sedang membidik-bidik mencari taste lokasi pemotretan kami. Lalu dengan sedikit arahan, kami keluarga Kupretist du Caire (nama kelompok kami yang haus sejarah) dan Indonesian Photograpic Society in Cairo berfoto keluarga berpose di depan kamera-kamera panjang berkaki tiga yang menembak dari berbagai arah.

Masjid Sayyeda Nafesah cicit Sayyiduna Hasan adalah tujuan akhir kami. Beliau adalah ulama wanita yang sangat dihormati warga Mesir. Setelah mendengar beberapa penjelasan, teman-teman masuk masjid dan ziarah ke makam Sayyeda Nafesa di dalamnya. Aku yang sudah pernah masuk merasa sangat lelah. Hingga kuputuskan untuk menunggu di luar.

Angin sepoi di bawah teduh pohon membisikkan kata-kata dari suara tenang ayahku. “Jangan kamu kira orang yang belajar sejarah itu adalah belajar kemunduran. Jangan kamu kira mereka belajar masa lalu. Tapi justru sebenarnya mereka belajar untuk masa depan. Karena sejarah tidak akan pernah hilang dan akan selalu terulang. Jaman dahulu bila kerajaan lemah itu kalah, bila kerajaan kuat itu menang. Kini sejarah itu terulang kembali. Bahwa orang malas itu bodoh, orang lalai itu tertinggal, orang rajin itu sukses, orang hati-hati itu selamat. Maka banyak belajarlah dari sejarah!!!”

Angin yang berubah arah juga merubah bisikan yang masuk ke telingaku. “Wahai pemuda-pemudi. Kalian yang sekarang belajar di negeri orang. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Carilah apa yang kau cita-citakan. Lalu kembalilah ke tanah air. Berikan semua ilmu yang kalian dapat kepada tanah air. Berilah sesuai kemampuanmu. Bila kau mampu memberi bunga cempaka, berilah bunga cempaka. Bila kau mampu memberi bunga anggrek berilah bunga anggrek. Bila kau mampu memberi melur, pakaikanlah melur ke sanggul ibu pertiwi.” Tiba-tiba aku merinding. Suara kharismatik Bung Karno Sang Proklamator yang biasa aku dengar dari laptop terputar kenbali.

Perjalanan panjang hari ini semakin membuatku hafal pidato-pidato Bung Karno terutama, JAS MERAH (jangan sekali-kali melupakan sejarah).






Menata Flower Decoration Pernikahan Anda - Kumpulan Artikel - Tips

Posted: 13 Jul 2010 09:47 PM PDT



Pernikahan tentunya terlihat indah dengan Flower Decoration atau hiasan aneka ragam bunga. Tapi, saat harga bunga melambung tinggi sepertinya semua tinggal mimpi. Sebaiknya anda terapkan tips berikut ini, langkah jitu memotong anggaran untuk Dekorasi Pernikahan.

1. Carilah alternatif lain untuk tidak menggunakan hiasan bunga saat resepsi. Tidak ada satu aturan pun yang mengatakan bahwa hiasan pernikahan menggunakan bunga. Anda juga bisa menciptakan kreasi unik lainnya, contohnya dari bunga tiruan dan hiasan buah-buahan serta rangkaian janur yang cantik cantik dan klasik.

2. Jika terpaksa memakai bunga untuk hiasan meja tamu, sebaiknya cukup dengan merangkai bunga dalam vas kaca plus hiasan pitanya. Untuk menghias meja ini anda dapat memilih bunga yang kuncup, karena biasanya cukup tahan lama dibanding bunga yang sudah mekar.

3. Bunga anggrek dan mawar adalah bunga yang cantik dan harum,tetapi jika soal harganya anda bisa “shock” mendengarnya apalagi menjelang hari-hari penting. Siasati dengan membeli beberapa tangkai kuncup mawar, letakkanlah setangkai mawar dalam vas untuk setiap meja disekelilingnya Anda juga bisa meletakkan lilin dengan sentuhan warna-warna bunga.

4. Sebaiknya hindari memesanan bunga pada hari-hari penting seperti hari natal, hari ibu, atau valentine’s day. Usahakan merencanakan acara resepsi terbebas dari hari-hari penting tersebut.

5. Maksimalkanlah menggunakan Flower Decoration pada hal yang penting saja seperti buket pengantin, korset pengantin pria, korset untuk ayah dan anggota keluarga lainnya. Dengan mengurangi penggunaan bunga pada hal yang perlu saja tentunya akan menghemat anggaran hingga 35%.

6. Jika acara resepsi dilangsungkan pada malam hari bunga yang anda pesan sebelum acara, bisa mekar segar dan harum sebelum jamuan makan malam, oleh karena itu biarkan rangkaian bunga dibungkus dalam kertas dan masukkanlah dalam kulkas agar tetap segar.

7. Bila dekorasi pernikahan sebaiknya pilihlah tema perkawinan, artinya anda dapat menciptakan gaya khusus atau berkarakter untuk Dekorasi Pernikahan.

8. Pada saat mendekorasi pernikahan pastikanlah orang-orang yang mendekorasinya dapat menyelaraskan warna bunga dengan sinar yang dipantulkan lampu. Hal ini penting sekali untuk seorang fotografer ketika menghasilkan foto yang terbaik untuk anda berdua pada saat berada di pernikahan.

9. Bila anda memutuskan untuk menata flower decoration sendiri, agar pernikahan tampak unik tempatkanlah tanaman bonsai disekeliling pernikahan, untuk penataan yang lebih artistik. anda juga bisa menempatkan tanaman ini tepat disisi tangga pernikahan.

10. Dalam kondisi ini menyewa lebih baik daripada membeli. Anda dapat menyewa tanaman besar maupun kecil dalam pot, semak-semak atau pohon pinang-pinangan pada

duniawedding.com

toko bunga anggrek products, buy toko bunga anggrek products from ...

Posted: 14 Jul 2010 12:27 AM PDT

toko bunga anggrek, Find complete details about bunga from toko bunga Anggrek. You may also find other bunga products or Fresh Cut Flowers suppliers and Fresh Cut Flowers ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar