Halaman

Minggu, 18 Juli 2010

bunga anggrek: Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum) Anggrek Terbesar ...

bunga anggrek: <b>Anggrek</b> Tebu (Grammatophyllum speciosum) <b>Anggrek</b> Terbesar <b>...</b>


<b>Anggrek</b> Tebu (Grammatophyllum speciosum) <b>Anggrek</b> Terbesar <b>...</b>

Posted: 18 Jul 2010 06:58 AM PDT

Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) merupakan anggrek terbesar, paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya tanaman ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa.

Anggrek tebu sering disebut juga sebagai anggrek macan (meskipun rancu Grammatophyllum scriptum yang memiliki nama serupa), anggrek harimau, dan anggrek ratu. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sugar Cane Orchid, Giant Orchid, atau Queen of the Orchids. Dalam bahasa latin (nama ilmiah) anggrek tebu disebut sebagai Grammatophyllum speciosum yang bersinonim dengan Grammatophyllum cominsii (Rolfe 1891), G. fastuosum (Lindl. & Paxton 1851 & Paxton 1851), G. giganteum (Rchb ex Blume. 1877), G. macranthum (Rchb. 1862), G. pantherinum (Rchb. 1878), G. pantherinum (Rchb.f 1878), G. papuanum (JJ Sm.), G. sanderianum (hort. 1893), G. wallisii (Rchb. 1877),Pattonia macrantha (Wight 1852).

Ciri-ciri. Ciri utama anggrek tebu adalah ukurannya yang besar. Malai dapat tumbuh mencapai ketinggian 2,5 – 3 meter dengan diameter sekitar 1,5-2 cm. Dalam setiap malai bisa memiliki puluhan, bahkan mencapai seratus kuntum bunga yang masih-masing bunga berdiameter sekitar 10 cm. Sosok batangnya ini memang mirip dengan tebu lantaran itu kemudian anggrek ini terkenal sebagai anggrek tebu.

Bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong dari batangnya bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan 2 bulan.

Persebaran dan Konservasi. Tanaman anggrek tebu tersebar secara alami mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga New Guinea. Di Indonesia anggrek tebu tersebar ulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Tanaman bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) tumbuh di sela-sela atau pangkal pohon besar di daerah dataran rendah yang beriklim tropis. Anggrek tebu membutuhkan sinar matahari langsung.

Keunikan dan langkanya tanaman anggrek terbesar dan terberat ini membuat anggrek tebu menjadi salah satu anggrek yang dilindungi di Indonesia.

Diantara sobat, terutama pecinta anggrek, ada yang telah membudidayakan jenis anggrek tebu ini?

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Liliopsida Ordo: Asparagales Famili: Orchidaceae Subfamili: Epidendroideae Suku: Cymbidieae Genus: Grammatophyllum Spesies: Grammatophyllum speciosum.

Nama Binomial: Grammatophyllum speciosum ( Blume 1825). Nama Indonesia: Anggrek tebu

Referensi: orchids.wikia.com; anggrek.org (gambar)

Baca artikel tentang alam lainnya:

Keiki

Posted: 17 Jul 2010 10:44 PM PDT

Keiki Dendrobium
Anakan anggrek yang keluar dari batang atau malai disebut Keiki. Keiki dalam bahasa Hawaii  adalah anakan dari tumbuhan anggota suku anggrek-anggrekan (Orchidaceae).
Keiki dapat tumbuh dari pangkal batang maupun ruas batang serta ruas tangkai bunga.
Keiki menghasilkan akar sehingga anggrek dapat diperbanyak secara vegetatif.
Pada Phalaenopsis , Keiki tumbuh dari satu node malai bunga . Pada Dendrobium , Keiki  biasanya ditemukan tumbuh di sepanjang  Pseudobulb. Hal ini disebabkan oleh akumulasi hormon pertumbuhan pada saat itu  baik secara alami atau oleh aplikasi Pasta Keiki .
Pasta Keiki adalah hormon Sitokinin yang mendorong pertumbuhan anakan di batang bunga (malai) Phalaenopsis atau Pseudobulb Dendrobium . Pasta ini juga mengandung Auxins untuk memaksa produksi akar.
Berikut adalah contoh beberapa keiki yang tumbuh.


Keiki Phalaenopsis (monopodial) tumbuh di ruas tangkai bunga (malai)

Untuk kelangsungan hidupnya, Dendrobium mengeluarkan Keiki di Pseudobulb (umbi semu). Tumbuhnya keiki tersebut karena adanya kerusakan jaringan tumbuh di mata tunas (terhalang media, busuk, media terlalu asam dll)

Setelah kita mengerti jenis dan bentuk keiki. Apakah keiki tersebut bisa ditanam ?. Bagaimana cara merawat dan menanam Keiki ? KLIK DISINI UNTUK MEMBAHASNYA



www.jelajahunik.tk: Penyerbukan <b>Anggrek</b> Langka yang Menakjubkan

Posted: 17 Jul 2010 04:00 PM PDT

Sang tawon jantan yang sedang terbang di sekitar anggrek sangat terpikat oleh pheromone yang diproduksi bunga lalu mendarat di atasnya, membuat batang bereaksi bergerak mundur (gerakan berulang-ulang sehingga menyerupai gerakan palu). ...

Mawar Pelangi - Ungkapkan Perasaan Kepada Orang-orang Tercinta

Posted: 17 Jul 2010 12:00 AM PDT

Sabtu, 17 Juli 2010
MAWAR PELANGI - UNGKAPKAN PERASAAN KEPADA ORANG-ORANG TERCINTA


Saat merekahnya kelopak daun dari bunga-bunga ini membangkitkan pesona keindahan yang tiada tara : Mawar pelangi merupakan jenis mawar nonartifisial juga dikenal sebagai mawar bahagia saat ini menjadi tren di negara barat sebagai persembahan kepada orang tersayang di hari yang spesial. Dihasilkan dari proses inovatif di mana ekstrak warna dari bermacam tumbuh-tumbuhan disuntikkan ke dalam tangkai bunga. (FLICKR)
Saat merekahnya kelopak daun dari bunga-bunga ini membangkitkan pesona keindahan yang tiada tara : Mawar pelangi merupakan jenis mawar nonartifisial juga dikenal sebagai mawar bahagia saat ini menjadi tren di negara barat sebagai persembahan kepada orang tersayang di hari yang spesial. Dihasilkan dari proses inovatif di mana ekstrak warna dari bermacam tumbuh-tumbuhan disuntikkan ke dalam tangkai bunga. (FLICKR)
(Epochtimes.co.id)

Warna kelopaknya sangat indah, sungguh menarik perhatian semua orang yang melihatnya. Merah menandakan gairah dan romantisme, kuning melambangkan persahabatan, merah muda bisa digunakan sebagai ungkapan rasa terima kasih sementara biru bicara tentang kegalauan hati.

Bilamana Anda tengah merasa kebingungan, gembira atau Anda ingin mengungkapkan perasaan kepada si dia namun malu mengatakannya, Anda boleh coba mengirimkan bunga-bunga ini kepadanya.

Mawar jenis ini dikembangbiakkan dengan teknik buatan yakni memanfaatkan proses pewarnaan alami dengan menyuntikkan air ke dalam tangkai bunga. Dengan memisahkan masing-masing batang tanaman dan mencelupkannya ke dalam air yang sudah diberi warna, kemudian air diteruskan ke atas sampai ke ujung daun sehingga menghasilkan kelopak bunga yang berwarna-warni. Sementara subtansi dari warna tersebut diambil dari ekstrak berbagai macam tanaman bunga. Prosesnya sendiri membutuhkan waktu antara 12 hingga 24 jam.

Bunga multi warna, yang dikenal sebagai mawar pelangi atau mawar bahagia menjadi tren baru di masyarakat Amerika dimanfaatkan sebagai pemberian kepada orang tercinta.

Selain mawar, jenis bunga lain seperti krisantium, caryophyllaceous, hydrangea dan anggrek juga dapat dibudidayakan menggunakan metode serupa.

Mawar pelangi pertama kali dikembangkan oleh kolaborasi dua perusahaan Belanda, River Flower dan FJ Zandbergen & Zn. Bersama-sama mereka membentuk Happy Roses untuk memproduksi dan memasarkan mawar pelangi.

River Flower merupakan perusahaan pembudidayaan tanaman krisantium. Pada 2004, perusahaan ini mengembangkan metode dengan menyuntikkan warna pada kelopak bunga krisantium dan mendaftarkan hak paten untuk produk mereka.

Zandbergen termasuk salah satu perusahaan pengembangbiakaan tanaman terkemuka dengan spesialisasi pada tanaman mawar. Ketika kedua perusahaan itu bertemu pada 2006, mereka mencoba menerapkan proses pewarnaan pada bunga mawar dan penemuan itu mendulang kesuksesan.


(FLICKR)

Mawar pelangi tersedia dengan kombinasi warna yang berbeda. Yang paling populer adalah varian dengan warna pelangi. Ada juga varian tropis dengan kombinasi warna merah / pink dan kuning, dan varian laut dengan kombinasi hijau dan biru. Kombinasi warna lain pun juga ada, meskipun hitam dan putih sangat jarang ditemui.

Sekarang mawar pelangi sudah dipasarkan di Inggris. Lebih dari satu juta unit terjual dalam setahun dengan pasar-pasar utama meliputi Jepang, Italia dan khususnya Swedia dimana dijual jenis varietas dengan kombinasi warna biru dan kuning seperti warna bendera kebangsaan Swedia.

Harganya juga tidak murah. Satu batang harganya berkisar antara £ 24,49 (Rp 350.000,00) atau £ 64,87 (Rp 890.000,00) selusin, lebih dari dua kali lipat harga 12 tangkai mawar biasa. (Ching Ling/The Epoch Times)


(FLICKR)



 
 


   Berita / Artikel Terkait :
  11-7-2010 09:09:43 Jennifer Hudson Berjuang Atasi Depresi Pasca Kematian Anggota Keluarga
  06-7-2010 08:30:15 Bulgaria : Negeri Kuntum Mawar - Penghasil Minyak Mawar Terbaik Dan Termahal Di Dunia
  04-7-2010 08:02:08 Membangun Bisnis Sukses Dengan Tetap Mempertahankan Hubungan
  28-6-2010 15:43:47 Bunga Flamingo nan Cantik
  22-6-2010 08:03:53 Perasaan Kaum Elit

» -<b>anggrek</b> ungu ..- Heart Rainbow

Posted: 15 Jul 2010 07:39 PM PDT

“Oleh-oleh …” teriak mbak Ida dari luar kamarku.

“Oleh- oleh Vit ..” ia ulangi teriakan ringannya ..mungkin pertama tadi tak ada sahutan dariku.

Aku keluar kamar, dan ku lihat ada dua kardus snack, wisuda IPPI. Hmm ..suamiku sudah pulang ..tumben pukul 13.30 sudah pulang, batinku.

Tak lama kemudian ..mbak Ida masuk rumah dengan membawa sekuntum anggrek ungu, wuihhh …indahnyaaa … Beliau langsung menaruhnya ke dalam gelas berisi air. Setelah mengambil satu roti, ia langsung kembali ke sebelah rumah, yang tak lain adalah rumah mertuaku.

Aku duduk termangu di meja makan, dengan memandangi bunga anggrek itu. Mas Han masuk rumah, seperti biasa ku kecup tangan kanannya dan ku ucap salam.

“Seneng ya?” tanyanya yang melihatku asyik mengamati anggrek.

“Ya iyalah seneng .. apikkkk ..” jawabku yang ku nilai agal lebayyy (hihii ..)

“Ku tahu dirimu suka, jadi ku bawakan ..”

“Wuihh ..jadi ini buatku to? Manisnyaaa…” aku langsung membelai wajahnya dengan manja.

“Mumpung gratis jadi ku bawakan deh ..”

Weits ..aku langsung berubah wajah ..oow ..jadi karena gratisan to ..hmmm .. (tapi gpp-lah ..setidaknya suamiku masih ingat bahwa istrinya ini suka kembang dam suka romantis2an ..walau ku sadar suamiku memang bukan tipe yang bisa romantis, hehe ..)

Di tengah- tengah rasa bahagiaku, terkadang aku lupa bahwa banyak beban di pundak suamiku ..namun ..ku yakin dengan kehadiranku setidaknya itu bisa memberikan ia kekuatan hati tersendiri ..

-berSAmbung ..-

<b>anggrek</b> « aplikasi internet

Posted: 14 Jul 2010 02:16 AM PDT

Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembab.

Anggota pentingnya yang dikenal baik manusia adalah anggrek hias serta vanili.Daftar isi [sembunyikan]
1 Ciri-ciri botani
2 Kekerabatan antar anggrek spesies berdasarkan sifat morfologi tanaman dan bunga
3 Anggrek Berdasarkan Tipe Pertumbuhan
4 Anggrek Berdasarkan Tempat Tumbuh
5 Pemanfaatan
5.1 Jenis-jenis anggrek hias
6 Referensi
7 Pranala luar

[sunting]
Ciri-ciri botani

Anggota suku ini cenderung memiliki organ-organ yang sukulen atau “berdaging”: tebal dengan kandungan air yang tinggi. Dengan demikian ia dapat hidup pada kondisi ketersediaan air yang rendah. Air diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara. Namun demikian, anggrek tidak ditemukan di daerah gurun karena perakarannya tidak intensif. Anggrek menyukai cahaya matahari tetapi tidak langsung sehingga ia biasa ditemukan di alam sebagai tumbuhan lantai hutan atau di bawah naungan. Sebagai tanaman hias, anggrek tahan di dalam ruang.

Akar serabut, tidak dalam. Jenis-jenis epifit yaitu mengembangkan akar sukulen dan melekat pada batang pohon tempatnya tumbuh,namun tidak merugikan pohon inang. Ada pula yang tumbuh geofitis,dengan istilah lain terrestria artinya tumbuh di tanah dengan akar-akar di dalam tanah. Ada pula yang bersifat saprofit, tumbuh pada media daun-daun kering dan kayu-kayu lapuk yang telah membusuk menjadi humus. Pada permukaan akar seringkali ditemukan jamur akar (mikoriza) yang bersimbiosis dengan anggrek.

Batang anggrek beruas-ruas. Anggrek yang hidup di tanah (“anggrek tanah”) batangnya pendek dan cenderung menyerupai umbi. Sementara itu, anggrek epifit batangnya tumbuh baik, seringkali menebal dan terlindungi lapisan lilin untuk mencegah penguapan berlebihan. Pertumbuhan batang dapat bersifat “memanjang” (monopodial) atau “melebar” (simpodial), tergantung genusnya.

Daun anggrek biasanya oval memanjang dengan tulang daun memanjang pula, khas daun monokotil. Daun dapat pula menebal dan berfungsi sebagai penyimpan air.

Bunga anggrek berbentuk khas dan menjadi penciri yang membedakannya dari anggota suku lain. Bunga-bunga anggrek tersusun majemuk, muncul dari tangkai bunga yang memanjang, muncul dari ketiak daun. Bunganya simetri bilateral. Helaian Kelopak bunga (sepal) biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga (sehingga disebut tepal). Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam “lidah” yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Benang sari memiliki tangkai sangat pendek dengan dua kepala sari berbentuk cakram kecil (disebut “pollinia”) dan terlindung oleh struktur kecil yang harus dibuka oleh serangga penyerbuk (atau manusia untuk vanili) dan membawa serbuk sari ke mulut putik. Tanpa bantuan organisme penyerbuk, tidak akan terjadi penyerbukan.

Buah anggrek berbentuk kapsul yang berwarna hijau dan jika masak mengering dan terbuka dari samping. Bijinya sangat kecil dan ringan, sehingga mudah terbawa angin. Biji anggrek tidak memiliki jaringan penyimpan cadangan makanan; bahkan embrionya belum mencapai kematangan sempurna. Perkecambahan baru terjadi jika biji jatuh pada medium yang sesuai dan melanjutkan perkembangannya hingga kemasakan.

<b>Bunga Anggrek</b> : Warta Warga

Posted: 05 Mar 2008 12:00 AM PST

Bunga Anggrek yang berasal dari spesies yang bernama Orchidaseae ini dikenal sebagai bunga yang tahan lama. Bunga ini juga sangat populer dengan keeksotikannya. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias. ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar