Halaman

Sabtu, 17 Juli 2010

bunga anggrek: Radio Erabaru FM Batam: Menteri Ajak Masyarakat Hidup Sehat Dengan ...

bunga anggrek: Radio Erabaru FM Batam: Menteri Ajak Masyarakat Hidup Sehat Dengan <b>...</b>


Radio Erabaru FM Batam: Menteri Ajak Masyarakat Hidup Sehat Dengan <b>...</b>

Posted: 17 Jul 2010 05:02 AM PDT

Kepulauan Riau (Kepri). PF2N akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 15 sampai 22 Juli 2010.

Pameran PF2N yang diikuti 181 peserta ini lebih besar dibanding event sebelumnya sebab, selain diikuti peserta dalam negeri juga diikuti peserta dari luar negeri, seperti Malaysia yang membuka 10 stand dan Thailand yang membuka dua stand.

"Pameran PF2N ini bertepatan dengan selesainya dibentuk rancangan Undang-undang Holtikultura," kata Suswono.



Selain itu siswono juga menambahkan bahwa pada acara PF2N ini, tidak hanya pameran bunga, buah, dan sayur tapi juga menjadi wadah sosialisasi dan jaring pendapat dari stake holders terhadap holtikultura, sehingga bisa memanfaatkan pengembangan hortikultura dengan baik.

PF2N merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Krida Nasional yang bertepatan dengan Batam International Hortifest 2010. Melalui event ini diharapkan dapat meningkatkan peran holtikultura pada alam agar masyarakat lebih maksimal akan pentingnya penghijauan dan memperbaiki lingkungan dari pemanasan global.



"Dalam PF2N untuk lebih memotifasi masyarakat dalam memanfaatkan kebutuhan buah dan sayur serta mendorong untuk hidup sehat dengan adanya penghijauan," jelasnya.

Kegiatan lain yang akan digelar untuk meramaikan event ini seperti lomba tanaman hias tanaman anggrek, lomba merangkai bunga, lomba sanseviera aglomena puring, lomba tanaman anggrek dan lomba stand terbaik disamping itu masyarakat juga dapat mengikuti kursus demo tanaman hias. (ar)

HIKMAH TEBING DAN KEINDAHAN

Posted: 17 Jul 2010 02:33 AM PDT

HIKMAH TEBING DAN KEINDAHAN PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh : Admin MLC
Saturday, 17 July 2010

Tebing
Agustus 6, 2009

Pernahkah melihat tebing-tebing tinggi terjal di hutan-huta terkesan dingin, angkuh dan jumawa..Namun jika dicermati dari jauh ada gurat keindahan dan relief yang membentuknya…dan saat diamati lebih dekat ia dihiasi oleh rumpun-rumpun anggrek yang menggelantung dengan bunga yang semarak…kehidupan disekeliling kita mengajarkan selalu ada sisi indah dari hal-hal yang tidak sempurna di sekeliling kita.

(6 Agustus 2009, Oleh Mohammad Ichlas El Qudsi)

Tebih dan hakekat Keindahan

Alam mengajarkan kita tentang beragam makna yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, keindahana alam juga menyuguhkan makna yang jika diungkapkan mengandung banyak hikmah dan nilai. Nilai-nilai kehidupan yang men-tarbiyahkan kita, bila menyadarinya. Siapa yang mengira, jika tebing-tebing nanterjal memiliki dimensi keindahan yang enigmatik? Siapa pula yang mengira, bila rimba hutan belantara bisa menyuguhkan keteduhan dan kenyamanan bagi manusia dan makhluk di sekitarnya? Semuanya itu tak-kan terungkap, bila kita melihatnya dengan cara pandang tentang kehidupan yang sempit. Sebab Tuhan tidak pernah menciptakan segala isi alam ini untuk kesia-siaan.

Alam dengan keindahannya yang alamiah tanpa rekaan manusia, seolah menganjurkan suatu kalimat tarbyiah yang tak tertulis pada manusia, bahwa disetiap sisi lakon hidupnya, manusia harus bisa mengungkapkan keindahan dalam multi ekspresi dan tindak. Baik terhadap sesama manusia, dan makhluk-makhluk Tuhan lainnya di Bumi. Dan kehidupan dan keindahan itu harus menjadi suatu niscaya yang terus-menerus terajut dalam suatu kesatuan jati diri yang abadi dalam diri manusia.

Meski abad ini kita banyak disuguhi sisi kehidupan yang keras, penuh konflik, peperangan dan permusuhan. Namun dalam kesadaran yang dalam, kita patut menunjukkan, ada sisi keindahan dalam hidup ini, masih ada orang yang saling mencintai, masih ada orang saling mengasihi dalam berbagai praktek dan amalan sosial kehidupan.

Abad kekerasan dan penuh konflik, tidak harus serta merta medorong setiap manusia untuk meniadakan sisi keindahan hidup. Dalam filsafat Estetika Plato, ditegaskan bahwa, manusia dan keindahan adalah dua sisi yang tak terpisahkan. Pendapat ini seolah menyadarkan kita bahwa, sebringas apapun manusia, sisi keindahan akan tetap ada disedut-sudut hakekat kemanusiaannya. Dan keindahan itu akan selalu tersimpan di setiap potensi yang ada dalam diri manusia.

Menurut The Liang Gie, keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai pendidikan, sosial dan kebudayaan. Dengan terimplisitnya keindahan hidup dalam ragam nilai dan tafsir kehidupan itu, meniscayakan keindahan selalu terselip disudut kehidupan manapun. Seperti kutiapan kata-kata hikmah di atas, bahawa "Pernahkah melihat tebing-tebing tinggi dan terjal di hutan-huta terkesan dingin, angkuh dan jumawa, namun jika dicermati dari jauh ada gurat keindahan dan relief yang membentuknya" Ternyata tebing yang terjal dan mematikan, masih menyisahkan sisi keindahan dan eksotisme, bila menatapnya dengan sejenak.

Demikianpun kehidupan, meski kita berada di tengah-tengah abad yang keras dan penuh konflik, sisi keindahan hidup haruslah tetap diejawantahkan, agar di balik kerasnya hidup, kita masih bisa menikmati sisi keindahan dan kelembutan di dalamnya.

Sekilas “kultur jaringan” <b>anggrek</b> :renady-saputra

Posted: 09 Jul 2010 06:51 PM PDT

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:gNtNFZd7B3xcyM::&t=1&usg=__ATMnhaznvVWb3dWBwKxiFV5GPiw=

http://spmabogor.net/website/wp-content/uploads/2008/04/anggrek_efifit.jpg

Perkembangan kultur jaringan di Indonesia terasa sangat lambat, bahkan hampir dikatakan jalan di tempat jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, tidaklah heran jika impor bibit anggrek dalam bentuk 'flask' sempat membanjiri nursery-nursery anggrek di negara kita. Selain kesenjangan teknologi di lini akademisi, lembaga penelitian, publik dan pecinta anggrek, salah satu penyebab teknologi ini menjadi sangat lambat perkembangannya adalah karena adanya persepsi bahwa diperlukan investasi yang 'sangat mahal' untuk membangun sebuah lab kultur jaringan, dan hanya cocok atau 'feasible' untuk perusahaan.

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, salah satunya adalah anggrek, diperkirakan sekitar 5000 jenis anggrek spesies tersebar di hutan wilayah Indonesia. Potensi ini sangat berharga bagi pengembang dan pecinta anggrek di Indonesia, khususnya potensi genetis untuk menghasilkan anggrek silangan yang memiliki nilai komersial tinggi. Potensi tersebut akan menjadi tidak berarti manakala penebangan hutan dan eksploitasi besar-besaran terjadi hutan kita, belum lagi pencurian terang-terangan ataupun "terselubung" dengan dalih kerjasama dan sumbangan penelitian baik oleh masyarakat kita maupun orang asing.

Sementara itu hanya sebagian kecil pihak yang mampu melakukan pengembangan dan pemanfaatan anggrek spesies, khususnya yang berkaitan dengan teknologi kultur jaringan. Tidak dipungkiri bahwa metode terbaik hingga saat ini dalam pelestarian dan perbanyakan anggrek adalah dengan kultur jaringan, karena melalui kuljar banyak hal yang bisa dilakukan dibandingkan dengan metode konvensional.

Secara prinsip, lab kultur jaringan dapat disederhanakan dengan melakukan modifikasi peralatan dan bahan yang digunakan, sehingga sangat dimungkinkan kultur jaringan seperti 'home industri'. Hal ini dapat dilihat pada kelompok petani 'pengkultur biji anggrek' di Malang yang telah sedemikian banyak.

Beberapa gambaran dan potensi yang bisa dimunculkan dalam kultur jaringan diantaranya adalah :

  • Kultur meristem, dapat menghasilkan anggrek yang bebas virus,sehingga sangat tepat digunakan pada tanaman anggrek spesies langka yang telah terinfeksi oleh hama penyakit, termasuk virus.
  • Kultur anther, bisa menghasilkan anggrek dengan genetik haploid (1n), sehingga bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan anggrek diploid (2n). Dengan demikian sangat dimungkinkan untuk menghasilkan tanaman anggrek mini, selain itu dengan kultur anther berpeluang memunculkan sifat resesif unggul yang pada kondisi normal tidak akan muncul karena tertutup oleh yang dominan
  • Dengan tekhnik poliploid dimungkinkan untuk mendapatkan tanaman anggrek 'giant' atau besar. Tekhnik ini salah satunya dengan memberikan induksi bahan kimia yang bersifat menghambat (cholchicine)
  • Kloning, tekhnik ini memungkinkan untuk dihasilkan anggrek dengan jumlah banyak dan seragam, khususnya untuk jenis anggrek bunga potong. Sebagian penganggrek telah mampu melakukan tekhnik ini.
  • Mutasi, secara alami mutasi sangat sulit terjadi. Beberapa literatur peluangnya 1 : 100 000 000. Dengan memberikan induksi tertentu melalui kultur jaringan hal tersebut lebih mudah untuk diatur. Tanaman yang mengalami mutasi permanen biasanya memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi
  • Bank plasma, dengan meminimalkan pertumbuhan secara 'in-vitro' kita bisa mengoleksi tanaman anggrek langka tanpa harus memiliki lahan yang luas dan perawatan intensif. Baik untuk spesies langka Indonesia maupun dari luar negeri untuk menjaga keaslian genetis yang sangat penting dalam proses pemuliaan anggrek.

Morfologi <b>bunga anggrek</b> « All about orchids and daily tips

Posted: 22 Jun 2010 09:51 PM PDT

Pada dasarnya untuk mengenali jenis atau spesies anggrek bisa di lakukan dengan berbagai cara, misalnya cara yang paling umum adalah dengan membandingkan spesimen dengan gambar yang ada pada majalah-majalah, buku referensi, ataupun spesimen awetan yang sudah diberi nama. Namun terkadang cara ini tidak efektif untuk menemukan nama spesimen yang kita cari karena famili anggrek memiliki ribuan spesies dari berbagai genus. Terlebih jika itu spesimen baru yang kita dapat di hutan, misalnya setelah observasi kehutan seperti yang dilakukan tim observasi dari CASI Kalsel dan PAI kalsel beberapa waktu lalu di pegunungan Meratus. Nah untuk mengidentifikasi tanaman anggrek ini umumnya lebih mudah jika spesimen sedang berbunga, meskipun identifikasi tetap bisa dilakukan meski tidak ada bunga.

Morfologi bunga anggrek memiliki ciri khas yang membedakannya dari famili lain. Umumnya terdiri atas bagian-bagian bunga yaitu Kelopak atau sepal dan mahkota (petal).  Sepal berjumlah 3 helai yaitu satu  sepalum dorsal dan 2 sepal lateral. Sedangkan  petal hanya 2 karena salah satu petal telah termodifikasi menjadi bagian yang di sebut labellum atau bibir bunga. Bersambung…

<b>Bunga Anggrek</b> « The World of Eriek's Written

Posted: 12 Apr 2010 08:33 PM PDT

DUA bunga anggrek tumbuh di depan pekarangan rumah. Anggrek putih dan anggrek ungu. Kalau keduanya digabung, adakah makna putih dan ungu? Adakah bendera negara yang berwarna putih-ungu?

Minggu pagi kemarin (11/04), ketika melihat mekarnya dua bunga anggrek itu langsung saya abadikan di dalam kamera. Saya bolak-balik pot bunga anggrek yang digantung itu. Menatap penuh takjub. Jarang sekali berbunga anggrek akhir-akhir ini. Meskipun banyak yang tidak terawat daripada yang dirawat, beruntunglah masih ada dua bunga anggrek yang mau berkembang di musim hujan ini.

Entah akan berapa lama dua bunga anggrek ini akan bertahan mekarnya. Setiap pagi di kala udara masih sejuknya, saya masih menyempatkan lihat dua bunga anggrek ini. Bahkan ada titik-titik embun yang menempel di mahkotanya sebelum sinar matahari pagi mengenai bunga anggrek.

Soal memelihara dan membesarkan tanaman/bunga, saya belum tertarik lebih mendalam.  Adakalanya hanya sekali lihat dan sekedar mengagumi saja. Tapi lama-lama muncul ingin merawat tanaman/bunga seperti anggrek-anggrek yang terbengkalai. Saya kira untuk merawatnya pun tidak begitu sulit. Asal rajin menyiram air dengan cukup pada sore hari. Selebihnya menyemprot antihama dan lain-lainnya, saya kurang paham. Maklumlah. Dulu bukan belajar di fakultas pertanian. Hehe.

Menata Flower Decoration Pernikahan Anda - Kumpulan Artikel - Tips

Posted: 07 Jan 2010 12:00 AM PST



Pernikahan tentunya terlihat indah dengan Flower Decoration atau hiasan aneka ragam bunga. Tapi, saat harga bunga melambung tinggi sepertinya semua tinggal mimpi. Sebaiknya anda terapkan tips berikut ini, langkah jitu memotong anggaran untuk Dekorasi Pernikahan.

1. Carilah alternatif lain untuk tidak menggunakan hiasan bunga saat resepsi. Tidak ada satu aturan pun yang mengatakan bahwa hiasan pernikahan menggunakan bunga. Anda juga bisa menciptakan kreasi unik lainnya, contohnya dari bunga tiruan dan hiasan buah-buahan serta rangkaian janur yang cantik cantik dan klasik.

2. Jika terpaksa memakai bunga untuk hiasan meja tamu, sebaiknya cukup dengan merangkai bunga dalam vas kaca plus hiasan pitanya. Untuk menghias meja ini anda dapat memilih bunga yang kuncup, karena biasanya cukup tahan lama dibanding bunga yang sudah mekar.

3. Bunga anggrek dan mawar adalah bunga yang cantik dan harum,tetapi jika soal harganya anda bisa “shock” mendengarnya apalagi menjelang hari-hari penting. Siasati dengan membeli beberapa tangkai kuncup mawar, letakkanlah setangkai mawar dalam vas untuk setiap meja disekelilingnya Anda juga bisa meletakkan lilin dengan sentuhan warna-warna bunga.

4. Sebaiknya hindari memesanan bunga pada hari-hari penting seperti hari natal, hari ibu, atau valentine’s day. Usahakan merencanakan acara resepsi terbebas dari hari-hari penting tersebut.

5. Maksimalkanlah menggunakan Flower Decoration pada hal yang penting saja seperti buket pengantin, korset pengantin pria, korset untuk ayah dan anggota keluarga lainnya. Dengan mengurangi penggunaan bunga pada hal yang perlu saja tentunya akan menghemat anggaran hingga 35%.

6. Jika acara resepsi dilangsungkan pada malam hari bunga yang anda pesan sebelum acara, bisa mekar segar dan harum sebelum jamuan makan malam, oleh karena itu biarkan rangkaian bunga dibungkus dalam kertas dan masukkanlah dalam kulkas agar tetap segar.

7. Bila dekorasi pernikahan sebaiknya pilihlah tema perkawinan, artinya anda dapat menciptakan gaya khusus atau berkarakter untuk Dekorasi Pernikahan.

8. Pada saat mendekorasi pernikahan pastikanlah orang-orang yang mendekorasinya dapat menyelaraskan warna bunga dengan sinar yang dipantulkan lampu. Hal ini penting sekali untuk seorang fotografer ketika menghasilkan foto yang terbaik untuk anda berdua pada saat berada di pernikahan.

9. Bila anda memutuskan untuk menata flower decoration sendiri, agar pernikahan tampak unik tempatkanlah tanaman bonsai disekeliling pernikahan, untuk penataan yang lebih artistik. anda juga bisa menempatkan tanaman ini tepat disisi tangga pernikahan.

10. Dalam kondisi ini menyewa lebih baik daripada membeli. Anda dapat menyewa tanaman besar maupun kecil dalam pot, semak-semak atau pohon pinang-pinangan pada

duniawedding.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar