Halaman

Jumat, 14 Mei 2010

bunga anggrek: Kumpulan Tulisan: Polisi Jaga Ketat Bunga Anggrek

bunga anggrek: Kumpulan Tulisan: Polisi Jaga Ketat <b>Bunga Anggrek</b>


Kumpulan Tulisan: Polisi Jaga Ketat <b>Bunga Anggrek</b>

Posted: 14 May 2010 08:48 AM PDT

SETANGKAI bunga paling langka di Inggris baru-baru ini mendapat penjagaan ekstra ketat dari patroli polisi yang dilengkapi kamera CCTV senilai ribuan pondsterling, untuk mencegah dari jarahan pencuri ketika bunga ini mekar.

Bunga anggrek yang bernama Lady's Slipper ini di kalangan kolektor bisa dihargai hingga 5.000 pondsterling atau sekitar Rp 68 juta per pohon.

Operasi besar polisi ini mencakup peningkatan patroli di lokasi tumbuhnya di Silverdale Golf Course di Carnfoth, Lancashire. Sejumlah kamera keamanan pun dipasang di sekitarnya untuk memantau tanaman ini dalam waktu 24 jam.

Anggrek Lady's Slipper merupakan tanaman yang sangat penting, karena mampu bertahan selama lebih dari 100 tahun ketika semua tanaman lainnya dianggap punah, " kata PC Tony Marsh, seorang polisi yang menjaga lokasi tersebut kepada "Metro.co.uk." ***

foto: www.netstate.com

<b>bunga</b> (puspa) nasional Indonesia | BISNIS ONLINE,HIBURAN &amp; WISATA <b>...</b>

Posted: 13 May 2010 08:34 AM PDT

Bunga Nasional Indonesia adalah tiga jenis bunga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan harapan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia. Ketiga bunga nasional Indonesia tersebut adalah bunga melati (Jasminum sambac) yang ditetapkan sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona, dan padma raksasa atau bunga bangkai (Rafflesia arnoldi) sebagai puspa langka.

Bunga nasional Indonesia yang terdiri atas tiga jenis bunga tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor Tahun 1993 tentang yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto.

Selain bunga nasional, Indonesia juga memiliki 3 satwa (fauna) nasional yang menjadi maskot bangsa Indonesia. Ketiga satwa nasional tersebut adalah komodo atau ora (Varanus komodoensis) sebagai satwa nasional, ikan siluk merah atau arwana sebagai satwa pesona, dan elang jawa (Spizaetus bartelsi) sebagai satwa langka.

Ketiga bunga (puspa) nasional Indonesia selengkapnya adalah sebagai berikut;

1. Bunga Melati Putih (Jasminum sambac), Puspa Bangsa.

Bunga melati (Jasminum sambac) atau disebut juga melati putih merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tersebar mulai dari daerah Hindustan, Indochina, Malaysia, hingga ke Indonesia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu diantara tiga bunga nasional Indonesia.

Melati (Jasminum sambac) merupakan tanaman perdu, berbatang tegak merayap, hidup menahun. Melati tumbuh baik di iklim panas tropik, kondisi tanah ringan, porus, berpasir sampai agak liat. Bunga melati berukuran kecil, umumnya berwarna putih, petala (mahkota bunga) selapis atau bertumpuk. Daun bentuk membulat.
Ada sekitar 200 jenis melati yang sudah teridentifikasi, tetapi hanya 8-9 jenis yang umum dibudidayakan. Di Indonesia ada banyak nama lokal yang diberikan kepada bunga melati seperti, menuh (bali), Meulu Cina, Meulu Cut (Aceh), Malete (Madura), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), dan Mundu (Bima, Sumbawa).

Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Melati memiliki bunga berwarna putih suci. Melati memiliki aroma yang lembut menenangkan. Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah). Dari semua kelebihan melati itu, tidak berlebihan jika kemudian melati ditetapkan sebagai bunga bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia.

Klasifikasi ilmiah melati adalah sebagai berikut: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Lamiales; Famili: Oleaceae; Genus: Jasminum; Spesies: Jasminum sambac. Sinonim: Nyctanthes sambac


2. Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis), Puspa Pesona.

Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) ditetapkan sebagai puspa pesona, salah satu dari tiga puspa nasional Indonesia. Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih.

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) tumbuh liar dan tersebar luas mulai dari Indonesia, Indonesia, Papua, Filipina, Malaysia hingga ke Australia. Anggrek bulan hidup secara epifit yaitu menempel pada batang atau cabang pohon inang. Secara liar anggrek bulan mampu tumbuh hingga pada ketinggian 600 meter dpl.

Keelokan anggrek bulan ini yang kemudian mempesona semua pihak. Keelokannya yang mempesona menjadi dasar pertimbangan sehingga anggrek bulanpun ditetapkan sebagai puspa (bunga) pesona menyandingi puspa bangsa dan puspa langka.

Selengkapnya mengenai bunga pesona ini silahkan membaca artikel berjudul Anggrek Bulan Puspa Pesona Indonesia .

Klasifikasi ilmiah anggrek bulan adalah sebagai berikut: Karajan: Plantae; (tanpatingkat) Monocots; Ordo: Asparagales; Familia: Orchidaceae; Subsuku: Epidendroideae; Genus: Phalaenopsis; Spesies: Phalaenopsis amabilis


3. Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi), Puspa Langka.

Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) ditetapkan menjadi puspa langka melengkapi Melati Putih (puspa bangsa) dan Anggrek Bulan (puspa pesona). Selain menjadi salah satu dari bunga nasional, Rafflesia arnoldii juga menjadi flora identitas provinsi Bengkulu.

Rafflesia arnoldii atau padma raksasa yang merupakan tanaman endemik Sumatera merupakan satu dari sekitar 30-an jenis Rafflesia yang ditemukan di Asia Tenggara, mulai dari semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina. Dinamakan padma raksasa lantaran ukuran bunganya yang mampu mencapai diameter 100 cm dengan berat 10 kg.

Tubuhan yang ditetapkan sebagai puspa langka ini tidak memiliki batang, daun, maupun akar yang sebenarnya. Tumbuhan ini hidup secara endoparasit pada tumbuhan inangnya. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima.

Sampai saat ini Rafflesia arnoldii tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup. Mungkin lantaran hal ini yang kemudian menjadi dasar pertimbangan sehingga padma raksasa ditetapkan sebagai puspa langka Indonesia. Bersama melati putih (puspa bangsa) dan anggrek bulan (puspa pesona), Rafflesia arnoldii menjadi bunga nasional Indonesia.

Patma raksasa sering disamakan dengan bunga bangkai (Amorphpophallus titanium). Padahal keduanya adalah bunga yang berbeda. Silahkan membaca perbedaannya di artikel Perbedaan Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai.

Klasifikasi ilmiah padma raksasa adalah sebagai berikut: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Malpighiales; Famili: Rafflesiaceae; Genus: Rafflesia; Spesies: Rafflesia arnoldi

Ketiga bunga kebanggan Indonesia ini diharapkan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia. Karena itu ketiganya kemudian ditetapkan sebagai bunga (puspa) nasional Indonesia.

Suka <b>Bunga</b> ? Ayo gabung....: Warna-Warni Si <b>Anggrek</b> Bulan

Posted: 05 May 2010 01:31 AM PDT

kebun phalaenopsis
Gambar oleh Melvin 07
kebun phalaenopsis 2
Gambar oleh Melvin 07
Siapapun pasti terpikat melihat keindahan bunga Phalaenopsis alias si anggrek bulan yang tergantung pada tangkai-tangkai bunga yang keluar dari tanaman2 anggrek yang sehat, yang sedang melayang-layang bagaikan kupu2 mengikuti semilir angin yang kerap menggerakan bunga2 tersebut. Penampilannya memang wah dan phalaenopsis agaknya semakin populer saja di kalangan hobbiis anggrek dewasa ini. Namun ada anggapan bahwa genus anggrek ini cukup sulit dipelihara apalagi untuk membuatnya berbunga, tapi ternyata dengan beberapa tips dan triks yang praktis dan sederhana ternyata phalaenopsis dapat dibuat agar rajin berbunga dengan indahnya dan tentunya akan memuaskan mata-mata yang memandang.
Beberapa tips dan trik yang efektif adalah :
1. Jika ingin memelihara dari kecil/botolan lebih baik membeli species/hibrida yang sudah mempunyai nama ataupun berasal dari silangan nursery yang sudah ahli dibidangnya. Bibit yang baik adalah langkah pertama yang penting sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
2. Jika membeli ukuran dewasa maka kenalilah dulu sifat Phalaenopsis anda sebelum membeli
3. Banyak membaca artikel2 mengenai pemeliharaan Phalaenopsis dari buku2 anggrek atau media elektronik spt internet agar semakin mengasah kemampuan kita.
4. Akar, yang sehat mutlak dibutuhkan untuk pembungaan, jadi perhatikan media yang digunakan agar akar phalaenopsis dapat tumbuh sempurna, sifat media dipilih yang dapat menyerap air tapi tidak menyimpan air, kombinasi media dapat dilakukan agar didapatkan sifat2 yang pas.
5. Tanpa akar yang sehat, maka daun tidak akan tumbuh dengan baik, ciri2 tanaman yang sehat biasanya daun baru akan tumbuh makin besar/sama besar dengan daun sebelumnya. Jagalah daun agar tetap sehat krn pada organ ini yang berguna untuk memproduksi zat hara yang akan digunakan oleh tanaman.
6. Jaga jangan sampai Phalaenopsis anda terkena hujan, daunnya yang besar dan bergelombang sering menyebabkan air hujan tertinggal dan dapat menyebabkan jamur penyakit untuk berkembang biak dan menyerang anggrek anda.
7. Jaga jangan sampai terjadi dehidrasi pada anggrek anda, lakukan penyiraman secara teratur, namun tidak berlebih.
8. Pemupukan dilakukan pada kedua bagian daun, atas dan bawah, pada waktu pagi hari sebelum cahaya matahari mengenai tanaman anda.
9. Gunakan beberapa macam pupuk, selang-seling antara pupuk kimia dan pupuk organik, jika tanaman sudah dewasa boleh digunakan pupuk booster yang berkadar P tinggi.
10. yang paling penting erhatikan 4 unsur penting dalam pemeliharaan Phalaenopsis yang tidak dapat diabaikan, diantaranya :
a. Cahaya, Phalaenopsis termasuk anggrek yang tergolong tidak tahan oleh sinar matahari langsung, sinar matahari pagi-siang yang terhalang oleh bayangan dedaunan termasuk yang paling baik untuk menunjang pertumbuhan vegetatif dan memicu pembungaan. Umumnya Phalaenopsis dinaungi oleh paranet 65% jika area tanam terbuka dan paranet 55% jika area tanam dikelilingi oleh tembok/pohon2 besar.
b. Kelembaban : Phalaenopsis suka dengan kelembaban, idealnya antara 60%-75%, terlalu lembab akan menyebabkan jamur mudah berkembang biak, terlalu kering akan menyebabkan tanaman dehidrasi. Untuk menjaga kelembaban dapat diletakan tanaman paku2an dan gentong air yg berisi tanaman dibawah pot Phalaenopsis
c. Aerasi : Phalaenopsis termasuk anggrek epifit yang biasanya menempel pada pohon induk yang tinggi, dan menyukai aliran angin yang semilir, aerasi jg menjaga kadar kelembaban agar tidak terlalu jenuh.
d: Temperatur : biasanya kunci pemicu pembungaan phalaenopsis adalah jika terjadi perbedaan suhu tertinggi – terendah sekitar 10 derajat celcius, oleh karena itu temperatur ideal untuk si kupu2 ini adalah 18-28 drjt celcius. Jk diperhatikan maka masa-masa memasuki musim hujan akan menjadi waktu ideal bagi phal anda untuk memunculkan calon spikenya.
Dengan memperhatikan semua hal diatas maka diharapkan semua hobiis dapat membungakan phalaenopsisnya sekaligus menepis anggapan bahwa memelihara phalaenopsis itu sulit, selamat mencoba.
By. Melvin 07

Tips Memilih <b>Bunga</b> dan Toko <b>Bunga</b> › Info Tips Memilih <b>Bunga</b> dan <b>...</b>

Posted: 09 Feb 2010 04:00 PM PST

Selain coklat, bunga adalah hadiah terbaik yang biasa diberikan saat perayaan hari kasih sayang. Namun ketika datang ke Toko Bunga, tak jarang para pria bingung untuk memilih, bunga apa yang paling bagus dan pas diberikan pada pasangannya.

Tak usah bingung karena Eileen Johnson seorang ahli merangkai bunga dari Flower School of New York dan Seorang Instruktur dari New York School of Flower Design, Michael Gaffney memberikan tips, bagaimana memilih bunga yang pas sebagai hadiah di hari Valentine.

1. Pilih bunga yang mekar dan besar

Semakin besar dan mekar karangan bunga yang diberikan semakin baik. “Bagi sebagian besar penerima, besar bunga berarti cinta yang besar,” katanya Gaffney. “Terutama pada Hari Valentine, pria harus memilih bunga yang besar dan berwarna menyolok. Karangan bunga seperti ini bisa mewakili isi hati si pemberi."

2. Jangan terpaku pada satu warna

Menurut Gaffney, “Tidak ada kata CINTA yang diidentikkan dengan satu warna seperti pink dan mawar merah.” Karena itu bukan satu-satunya warna pada bunga. Dan banyak sekali jenis bunga yang bisa menjadi pilihan . “Setelah 20 tahun di ritel, aku yakin wanita tidak peduli apakah itu merah dan putih.” Sebuah bunga dicampur dengan sedikit warna merah sama baiknya. Dan tak ada salahnya menambahkan jenis tanaman anthuriums merah atau anggrek dalam rangkaian bunga. Ini bisa menjadi karangan bunga yang lebih seksi dan menarik. Atau pilih bunga dengan warna favorit pasangan Anda.

3. Cari harga diskon

Biasanya jika bertepatan dengan hari Valentine banyak toko bunga yang menawarkan harga diskon. Sehingga Anda bisa mencampur bunga dengan harga yang mahal dan murah. Tapi tetap pilih bunga yang segar.

4. Cari bunga yang bertangkai panjang

Menurut Gaffney, “It’s all about the show!” Cari bunga yang bertangkai panjang , seperti mawar, bunga lili dan anggrek. Bunga bertangkai panjang bisa terlihat memberi volume penuh dalam rangkainnya. Sebuah Casablanca lily, misalnya, dapat mengangkut empat untuk lima bunga pada satu tangkai. Bunga dengan tangkai panjang juga bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah layu jika ditambahkan air.

5. Jangan lupa pilih juga yang beraroma

Lebih besar tidak selalu lebih baik: “Bahkan jika buket kecil, asalkan memiliki aroma alam yang indah, sempurna untuk Hari Valentine,” kata Johnson. “Bayangkan betapa romantisnya bunga pemberian Anda dengan aroma yang memikat. Biasanya bunga beraroma berasal dari warna merah, muda, putih atau warna ungu.

Swlamat berburu di Toko Bunga

• VIVAnews

Informasi terkait:

  1. Budidaya Bunga Potong Untuk Toko Bunga
  2. Toko Bunga Rawa Belong Dibanjiri Pesanan
  3. Memilih Bunga Buat Kekasih Hati
  4. Tips Pilah Pilih Toko Bunga
  5. Mengenal Prospek Usaha Toko Bunga
  6. Seni Bunga Papan Jadi Daya Tarik Bisnis Florist
  7. Tips Membuka Usaha Toko Bunga
  8. Memilih Ukuran Bunga
  9. Usaha Toko Bunga
  10. Daftar dan List Toko Bunga (Florist) di Jakarta

Modifikasi Dekorasi Pelaminan | Tips &amp; Trik Artikel - Artikel <b>...</b>

Posted: 20 Jan 2010 08:20 PM PST

Pelaminan tentunya terlihat indah dengan hiasan aneka ragam bunga. Tapi, saat harga bunga melambung tinggi sepertinya semua tinggal mimpi. Sebaiknya anda terapkan tips berikut ini, langkah jitu memotong anggaran untuk Dekorasi Pelaminan.

1. Carilah alternatif lain untuk tidak menggunakan hiasan bunga saat resepsi. Tidak ada satu aturan pun yang mengatakan bahwa hiasan pelaminan menggunakan bunga. Anda juga bisa menciptakan kreasi unik lainnya, contohnya dari bunga tiruan dan hiasan buah-buahan serta rangkaian janur yang cantik cantik dan klasik.

2. Jika terpaksa memakai bunga untuk hiasan meja tamu, sebaiknya cukup dengan merangkai bunga dalam vas kaca plus hiasan pitanya. Untuk menghias meja ini anda dapat memilih bunga yang kuncup, karena biasanya cukup tahan lama dibanding bunga yang sudah mekar.

3. Bunga anggrek dan mawar adalah bunga yang cantik dan harum,tetapi jika soal harganya anda bias "shock" mendengarnya apalagi menjelang hari-hari penting. Siasati dengan membeli beberapa tangkai kuncup mawar, letakkanlah setangkai mawar dalam vas untuk setiap meja disekelilingnya Anda juga bisa meletakkan lilin dengan sentuhan warna-warna bunga.

4. Sebaiknya hindari memesanan bunga pada hari-hari penting seperti hari natal, hari ibu, atau valentine's day. Usahakan merencanakan acara resepsi terbebas dari hari-hari penting tersebut.

5. Maksimalkanlah menggunakan bunga pada hal yang penting saja seperti buket pengantin, korset pengantin pria, korset untuk ayah dan anggota keluarga lainnya. Dengan mengurangi penggunaan bunga pada hal yang perlu saja tentunya akan menghemat anggaran hingga 35%.

6. Jika acara resepsi dilangsungkan pada malam hari bunga yang anda pesan sebelum acara, bisa mekar segar dan harum sebelum jamuan makan malam, oleh karena itu biarkan rangkaian bunga dibungkus dalam kertas dan masukkanlah dalam kulkas agar tetap segar.

7. Bila dekorasi pelaminan sebaiknya pilihlah tema perkawinan, artinya anda dapat menciptakan gaya khusus atau berkarakter untuk dekorasi pelaminan.

8. Pada saat mendekorasi pelaminan pastikanlah orang-orang yang mendekorasinya dapat menyelaraskan warna bunga dengan sinar yang dipantulkan lampu. Hal ini penting sekali untuk seorang fotografer ketika menghasilkan foto yang terbaik untuk anda berdua pada saat berada di pelaminan.

9. Bila anda memutuskan untuk menata dekorasi pelaminan sendiri, agar pelaminan tampak unik tempatkanlah tanaman bonsai disekeliling pelaminan, untuk penataan yang lebih artistik. anda juga bisa menempatkan tanaman ini tepat disisi tangga pelaminan.

10. Dalam kondisi ini menyewa lebih baik daripada membeli. Anda dapat menyewa tanaman besar maupun kecil dalam pot, semak-semak atau pohon pinang-pinangan pada

wedding.riaspengantinwidya.com

Incoming search terms for the article:

dekorasi pelamin modern minimalis (1), trik dekorasi dari kertas (1)

Trik Memilih <b>Bunga</b> Buat kekasih - Articles Collection

Posted: 09 Feb 2009 04:00 PM PST


Anda berencana mengirim seikat mawar merah buat si dia di hari Valentine? Kejutan manis yang Anda kirimkan di pagi hari Valentine bisa jadi ditanggapi dingin-dingin saja oleh si dia. Bukan tak mungkin rencana romantis pun jadi berantakan. Coba simak dulu tips berikut ini!

Nah, para pria ada baiknya simak beberapa hal berikut ini sebelum memilih bunga tercantik untuk si dia:

1. Jangan Selalu Mawar: Tahukah Anda bahwa mawar terutama yang merah dan pink sudah menjadi ’bunga sejuta umat’. Karena itu banyak wanita kurang menyukai bunga yang sudah pasaran ini. Jika ingin pemberian bunga Anda dihargai oleh si dia, cobalah cari tahu jenis bunga apa yang disukai oleh si dia. Jangan sampai si dia sangat menyukai anggrek dan Anda mengiriminya seikat mawar pink! Dengan cara ini pemberian Anda menjadi penuh arti atau makna.

2. Pesan Jauh Hari : Jika Anda memang ingin memberi bunga, pesanlah paling lambat seminggu sebelum hari Valentine di Toko Bunga yang professional. Harus Anda ingat pria se Jabodetabek dan Indonesia pada hari itu akan memesan bunga juga. Jika terlalu mepet akibatnya Anda akan mendapatkan bunga yang kurang bagus, sudah hampir layu, warnanya tidak sesuai dan terutama jika memakai layan antar, bunga terlambat sampai di tempat penerimanya!

3. Jenis Rangkaian : Pemberian bunga tidak harus berupa rangkaian besar dan penuh. Pertama, tentukan jenis bunga apa yang bisa mewakili perasaan Anda. Jika sempat kunjungi toko bunga online atau yang sudah Anda kenal kualitas layanannya. Lihat dan amati aneka jenis bunga dan rangkaian yang ditawarkan. Tentu saja ini perlu waktu, jadi tidak bisa dilakukan mendadak. Setangkai dua tangkai bunga anggrek mungkin lebih berkesan dari pada seikat besar bunga mawar merah.

4. Memilih Kuntum Bunga: Di hari-hari menjelang Valentine hampir semua jenis bunga yang di jual di Toko Bunga terutama bunga mawar harganya melambung. Dari harga setangkai Rp.10.000 di hari biasa bisa menjadi Rp. 20.000 di hari-hari Valentine. Karena itu usahakan untuk mendapatkan bunga yang tersegar atau terbaru agar tahan hingga seminggu untuk dikagumi oleh si dia.

Pilihlah bunga dengan kuntum yang belum merekah sempurna tetapi sedikit mekar di ujung dan kelopak bunganya rapat. Bunga ini akan mekar dalam beberapa hari. Perhatikan tangkai bunga, pilih tangkai yang panjang sebagai tanda bunga masih baru. Tangkai yang pendek dan sedikit kecokelatan menandakan bahwa bunga sudah cukup lama disimpan atau sudah nyaris layu karena sudah beberapa kali dipotong tangkainya untuk mempertahankan kesegarannya.

5. Kirim ke Kantor: Jika ingin kiriman bunga Anda sukses dan membuat si dia gembira, jangan mengirim rangkaian bunga ke rumahnya (apalagi pagi-pagi sekali sebelum si dia terbangun!!!). Karena bunga yang cantik itu hanya akan dikaguminya sendiri dan beberapa orang di rumah. Sebaiknya kirimkan bunga ke kantor si dia! Di kantor si dia bukan hanya akan bangga dan kagum tetapi ia bisa memamerkan rangkaian bunga itu ke seluruh isi kantornya (bahkan sampai ke Satpam dan Office Boy)!

oke, semoga bermanfaat…!!!!

hakem2edu.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar