Halaman

Rabu, 29 September 2010

bunga anggrek: Serangga Unik di Batu Secret Zoo

bunga anggrek: Serangga Unik di Batu Secret Zoo


Serangga Unik di Batu Secret Zoo

Posted: 29 Sep 2010 06:29 AM PDT

Seperti bunga, berwarna merah muda, anggota kerajaan animalia dari ordo Mantodea, adalah serangga yang kita kenal sebagai belalang sembah atau belalang Sentadu Anggrek, yang di malaysia dikenal sebagai Malaysian Orchid Mantis

Ditemukan juga di Jawa,serangga ini menjadi salah satu koleksi di Batu Secret Zoo yang menarik perhatian, karena kita mesti diam sesaat dan harus jeli ketika mencari mana hewannya yang seperti tengah menyamar  diantara bunga anggrek merah muda.

Belalang sentadu, namanya dikenal dengan bermacam sebutan yang berbeda pada lain daerah misalnya di Betawi dan sunda menyebutnya cangcorang , atau walang kekek di Jawa, memiliki sikap yang unik, hingga sering kita  mendengar anak-anak menyanyikan  pertanyaan pada serangga ini : "cangcorang .. cangcorang rumahmu dimana?", dan anak-anak menjadi bersorak senang ketika belalang mengangkat kaki depan, sikapnya seperti menunjuk ke satu arah.

begitu pula dengan Hymenopus coronatus ini,sikapnya seperti menyembah, dua kaki depan terangkat , tertangkup layaknya seperti sedang berdoa, oleh karenanya dalam bahasa inggris, hewan ini disebut Praying mantis. Mantis berasal dari kata mantes (yunani) yang berarti nabi.

SURYA Online » Susno Dikalungi <b>Bunga</b> Angrek

Posted: 28 Sep 2010 11:03 PM PDT

JAKARTA -SURYA– Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji diberi kalung bunga anggrek oleh pengunjung sidang. Bunga itu dari pendukung dan simpatisannya. Saat keluar dari ruang tahanan menuju ruang sidang...

Susno Dikalungi <b>Bunga</b> Angrek | Poskotanews.com

Posted: 28 Sep 2010 10:37 PM PDT

JAKARTA (Pos Kota) – Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji diberi kalung bunga anggrek oleh pengunjung sidang. Bunga itu dari pendukung dan simpatisannya. Saat keluar dari ruang tahanan menuju ruang sidang tiba-tiba ada seorang ibu-ibu ...

Susno Dikalungi Bunga Angrek

Posted: 28 Sep 2010 11:19 PM PDT

JAKARTA -SURYA– Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji diberi kalung bunga anggrek oleh pengunjung sidang. Bunga itu dari pendukung dan simpatisannya. Saat keluar dari ruang tahanan menuju ruang sidang tiba-tiba ada seorang ibu-ibu mendekati Mantan Kabareskrim tersebut. Ia langsung mengalungkan untaian bungan anggrek warna ungu. "Kaya pahlawan saja, saya ini narapidana," ucap Komjen Susno Duadji ...

LIPI Umumkan 2 Spesies <b>Anggrek</b> Baru - F1k1rj3rn1h

Posted: 28 Sep 2010 08:50 AM PDT

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengumumkan dua spesies anggrek baru yang muncul di belantara Kalimantan. Dua anggrek baru ini dinamakan Dendrobium flos-wanua D Metusala, P O’Byrne & JJ Wood dan Dendrobium dianae D Metusala, P O’Byrne & JJ Wood.

Anggrek ini termasuk didalam marga Dendrobium seksi Calcarifera yang pusat spesiasinya diduga ada di bagian barat Indonesia, yaitu pulau Sumatera.

Kedua spesies ini dideskripsikan secara ilmiah oleh Destario Metusala (Kebun Raya Purwodadi-LIPI) bersama kedua rekannya Peter O’Byrne (praktisi anggrek di Singapura) dan J.J.Wood (Peneliti dari Herbarium Kew Botanical

Meski diduga berpusat di Sumatera, menurut peneliti LIPI Destario Metusala dalam siaran pers yang diterima VIVAnews , Senin 27 September 2010, penelitian yang dilakukan secara simultan oleh peneliti dari Herbarium Kew Botanical Garden-Inggris yang mengobservasi kawasan Sarawak dan peneliti dari Kebun Raya LIPI yang melakukan observasi di Kalimantan, menunjukkan bahwa pulau Borneo merupakan salah satu pusat spesiasi yang utama dari Dendrobium seksi Calcarifera ini mengingat setiap tahun selalu ditemukan spesies-spesies baru dengan tingkat endemisitas yang tinggi pada anggrek seksi ini.

Kedua spesies baru ini telah dipublikasikan di jurnal internasional Malesian Orchid Journal pada akhir bulan September 2010 setelah melalui proses penelitian selama kurang lebih 2 tahun lamanya. Publikasi ini akan menjadi acuan penting bagi para peneliti maupun masyarakat di dunia internasional terhadap perkembangan ilmu biologi dan taksonomi pada suku anggrek-anggrekan (Orchidaceae) di kawasan Malesiana. Kedua anggrek spesies baru ini diperkirakan memiliki area distribusi yang terbatas hanya di kawasan Kalimantan. Oleh karena itu jenis ini tergolong sebagai spesies endemik yang memerlukan perhatian khusus untuk konservasinya.

Ciri Khas 2 Anggrek

Anggrek spesies baru yang pertama adalah Dendrobium flos-wanua. Anggrek ini memiliki bunga dengan lebar 2.1-2.2 cm, berwarna hijau kekuningan mengkilat, sepal-petalnya membuka lebar, dengan bagian cuping tengah bibir bunga yang cukup lebar , berbentuk hampir segi empat dan berbelah dangkal di bagian ujungnya. Dalam satu perbungaan dapat membawa 2 sampai 8 kuntum bunga yang mekar hampir bersamaan. Selain bibir bunganya yang lebar, ciri khas unik anggrek ini adalah pada tonjolan kalus berbentuk “U” yang melintang pada bibir bunganya. Nama flos-wanua berarti “bunga Wanua” yang diambil dari nama Vincent Wanua, seorang hobiis anggrek di Malang yang telah membantu dalam penelitian ini.

Jenis anggrek yang kedua adalah Dendrobium dianae yang memiliki kedekatan morfologi dengan anggrek Dendrobium muluense dari Sarawak, bedanya kalau pada bibir D dianae memiliki dua buah kalus sejajar yang memanjang dan membujur dipermukaan cuping tengah bibir bunganya. Anggrek ini memiliki bunga dengan lebar 1.6-1.8 cm, berwarna mulai dari hijau muda polos hingga kuning tua mengkilat dengan pola strip kemerahan pada sepal dan petalnya. Perbungaannya menggantung dan menggerombol antara 4-12 kuntum bunga, sehingga rangkaian bunganya nampak sangat padat. Keunikan lainnya yaitu, variasi warna Dendrobium dianae yang sangat beragam. Padahal selama ini variasi warna tidak terlalu menonjol untuk seksi Calcarifera.

Menurut Destario, dari hasil observasi diketahui bahwa terdapat setidaknya lima variasi warna pada spesies ini, dan antar variasi warna bisa sangat ekstrim perbedaannya. Sehingga dari sisi hortikultura, keragaman warna pada D dianae ini justru dapat menjadi potensi besar untuk dikembangkan sebagai sumber genetik dalam kegiatan pemuliaan anggrek dan hibridisasi. Nama anggrek ini didedikasikan untuk seorang hobiis anggrek sekaligus penggiat konservasi anggrek di Kalimantan Selatan (Banjarmasin) bernama Dian Rachmawaty.

"Beliau berdua banyak mendukung penelitian-penelitian kami dibidang taksonomi anggrek, suatu bidang riset yang belum banyak mendapat perhatian nasional, namun tetap bisa berjalan optimal berkat bantuan banyak pihak antara lain rekan-rekan hobiis dan penggiat konservasi anggrek," kata Destario.

Dari sisi budidaya, anggrek ini terbukti cukup adaptif pada ketinggian 300-900 m dpl, dengan intensitas cahaya 50-70 persen. D flos-wanua umumnya berbunga pada bulan April, Juni dan November. Sedangkan D dianae hampir dapat berbunga sepanjang tahun. Kedua anggrek dari seksi Calcarifera ini menyukai media perakaran yang lembab, dan lingkungan dengan aerasi yang terbuka dan banyak angin. Hama berbahaya yang sering menyerang adalah tungau.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Ditemukan Dua Spesies Baru Anggrek

Posted: 26 Sep 2010 08:26 PM PDT

Anggrek-anggrek ini diduga hanya ada di Pulau Kalimantan.

LIPI Publikasikan 2 Spesies Anggrek Baru

Posted: 26 Sep 2010 07:44 PM PDT

--> Jakarta - Kekayaan hayati Indonesia memang seperti tidak ada habisnya. Eksplorasi demi eksplorasi di pedalaman dan hutan Indonesia kerap kali menemukan spesies baru baik flora maupun fauna.

Seperti dipublikasikan baru-baru ini oleh Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dua spesies baru kembali muncul dari belantara Kalimantan. Anggrek spesies baru berbunga indah ini diberi nama Dendrobium flos-wanua D.Metusala, P.O'Byrne & J.J.Wood dan Dendrobium dianae D.Metusala, P.O'Byrne & J.J.Wood.

Seperti rilis yang diterima detikcom dari LIPI, Senin (27/9/2010), Kedua spesies ini dideskripsikan secara ilmiah oleh Destario Metusala (Kebun Raya Purwodadi-LIPI) bersama kedua rekannya Peter O'Byrne (praktisi anggrek di Singapura) dan J.J.Wood (Peneliti dari Herbarium Kew Botanical Garden-Inggris).

Anggrek ini termasuk didalam marga Dendrobium seksi Calcarifera yang pusat spesiasinya diduga ada di bagian barat Indonesia, yaitu pulau Sumatera. Namun penelitian yang dilakukan secara simultan oleh peneliti dari Herbarium Kew Botanical Garden-Inggris yang mengobservasi kawasan Sarawak dan peneliti dari Kebun Raya LIPI yang melakukan observasi di Kalimantan, menunjukkan bahwa pulau Borneo merupakan salah satu pusat spesiasi yang utama dari Dendrobium seksi Calcarifera ini.

Kedua anggrek spesies baru ini diperkirakan memiliki area distribusi yang terbatas hanya di kawasan Kalimantan. Oleh karena itu jenis ini tergolong sebagai spesies endemik yang memerlukan perhatian khusus untuk konservasinya.

Anggrek spesies baru yang pertama adalah Dendrobium flos-wanua. Anggrek ini memiliki bunga dengan lebar 2.1-2.2 cm, berwarna hijau kekuningan mengkilat, sepal-petalnya membuka lebar, dengan bagian cuping tengah bibir bunga yang cukup lebar, berbentuk hampir segi empat dan berbelah dangkal di bagian ujungnya. Dalam satu perbungaan dapat membawa 2 sampai 8 kuntum bunga yang mekar hampir bersamaan. Selain bibir bunganya yang lebar, ciri khas unik anggrek ini adalah pada tonjolan kalus berbentuk "U" yang melintang pada bibir bunganya. Nama flos-wanua berarti "bunga Wanua" yang diambil dari nama Vincent Wanua, seorang hobiis anggrek di Malang yang telah membantu dalam penelitian ini.

Jenis anggrek yang kedua adalah Dendrobium dianae yang memiliki kedekatan morfologi dengan anggrek Dendrobium muluense dari Sarawak, bedanya kalau pada bibir D. dianae memiliki dua buah kalus sejajar yang memanjang dan membujur di permukaan cuping tengah bibir bunganya. Anggrek ini memiliki bunga dengan lebar 1.6-1.8 cm, berwarna mulai dari hijau muda polos hingga kuning tua mengkilat dengan pola strip kemerahan pada sepal dan petalnya. Perbungaannya menggantung dan menggerombol antara 4-12 kuntum bunga, sehingga rangkaian bunganya nampak sangat padat. Keunikan lainnya yaitu, variasi warna Dendrobium dianae yang sangat beragam. Padahal selama ini variasi warna tidak terlalu menonjol untuk seksi Calcarifera. Dari hasil observasi diketahui bahwa terdapat setidaknya 5 variasi warna pada spesies ini, dan antar variasi warna bisa sangat ekstrim perbedaannya. Sehingga dari sisi hortikultura, keragaman warna pada D. dianae ini justru dapat menjadi potensi besar untuk dikembangkan sebagai sumber genetik dalam kegiatan pemuliaan anggrek dan hibridisasi. Nama anggrek ini didedikasikan untuk seorang hobiis anggrek sekaligus penggiat konservasi anggrek di Kalimantan Selatan (Banjarmasin) bernama Dian Rachmawaty.

Dari sisi budidaya, anggrek ini terbukti cukup adaptif pada ketinggian 300-900 m dpl, dengan intensitas cahaya 50-70 persen. D. flos-wanua umumnya berbunga pada bulan April, Juni dan November. Sedangkan D. dianae hampir dapat berbunga sepanjang tahun. Kedua anggrek dari seksi Calcarifera ini menyukai media perakaran yang lembab, dan lingkungan dengan aerasi yang terbuka dan banyak angin. Hama berbahaya yang sering menyerang adalah tungau.
(gah/nrl)


Tekan *123*121# untuk kenyamanan mudik Anda ke Jalur Jawa. cs:021-7941178
(khusus pelanggan Telkomsel)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Merawat <b>Anggrek</b> : Part 8 (Dendrobium)

Posted: 24 Sep 2010 10:36 PM PDT

Intersectional Hybrids
Umur berapakah dendrobium berbunga
Tergantung sectionya, bila section Phalaenanthe akan berbuga sekitar 1 - 1,5 tahun setelah keluar dari botol, section spatulata akan lebih lama,
begitu pula akan berbeda dengan section yang lain


Ada berapa Section Genus Dendrobium
Genus dendrobium adalah salah satu genus yang sangat besar, lebih dari 1000 species dan terus berkembang jumlahnya. Para ahli botani berusaha untuk membagi  bagian (section), dengan tujuan agar petani lebih mudah dalam hal budidaya dan perawatan. Dibawah ini daftar panduan section secara umum

Section Aporum
Tanaman anggrek epifit dataran rendah dengan daun yang gemuk dan berair. Evergreen. Kecil keputih putihan, bunga berwarna merah muda atau kuning. Meskipun kelihatan berair, anggrek ini tidak tahan kekeringan. Species Aporum hidup didaerah hangat dan lembab.

Section Callista
Bulb (batang) silinder, menebal, lebih besar di dasar atau di perutnya. Daun terkonsentrasi pada puncaknya. Kokoh. Kebanyakan bunga kuning ada beberapa yang putih dan pink. Hidup didaerah dingin dan kering. Memerlukan istirahat (dorman) untuk berkembang.
contoh : Den. acinaeciforme ; Den. densiflorum

Section Calcarifera
Berkembang biak di daerah philipina, bentuk batang silinder, daun evergreen utuh sepanjang batang, tetapi daun tipis. Bunga berbentuk tabung dengan kelopak datar. berbagai macam warna. Bunga cenderung kecil dan berkelompok menggantung.

Section Calyptrochilus
Secara khusus berkembang biak di New Guinea. Daun evergreen. Bunga berbentuk tabung pendek.  Hidup di daerah hangat sepanjang tahun.

Section Dendrobium
Batang biasanya silinder, menebal, daun panjang, sering berganti daun dalam satu atau dua tahun. Bunga berwarna warni, di dominasi putih, merah muda, merah dan kuning.
contoh: Dendrobium amethystoglossum , Dendrobium  Lawesi, Dendrobium falconeri,  Dendrobium moschatum

Section Formosae
Batang silinder menebal terkadang ditutupi rambut pendek. Bunga didominasi warna putih tahan lama dan spektakuler.
Tumbuh di daerah himalaya - indonesia. Hidup di daerah kering basah.

Section Latouria
Batang tebal bundar. Daun evergreen. Bunga kadang kadang berbulu pada permukaan luar. Banyak bintik2 dan garis2 pada bunga. Hidup didaerah lembab sepanjang tahun

Section Oxyglossum
Tanamanya kecil danhidup didaerah tinggi, terutama di New Gunea. Daun dan batang pendek. kadang tidak jelas. Bunga sangat menyolok dan sangat tahan lama. Hidup didaerah kelembaban dan dingin.
contoh:  Dendrobium williamsoni, Dendrobium johnsoniae, Dendrobium laevifolium

Section Pedilonum
Tanaman kecil dari kepulauan Pasifik, Evergreen, berdaun panjang dan tipis, batang silinder, bunga cenderung berbentuk tabung dan berwarna cerah.

Section Phalaenanthe
Jenis yang paling banyak dibudidaya, batang bundar dan besar, membutuhkan kondisi yang hangat dan kering dimusim dingin. Bunga bulat 'round' kebanyakan berwarna putih dan ungu

Section Spatulata
The antelope dendrobiu. Batang tebal dan berbentuk silinder dan panjangnya bisa lebih dari 1 meter. Banyak bunga yang petalbya tegak, sering melintir, coklat, merah muda, warna kuning dan putih.
Banyak tumbuh di hutan rawa, kelembaban yang tinggi dan banyak air yang diperlukan. contoh: Dendrobium bracteosum, Dendrobium gouldi, Dendrobium superbiens, Dendrobium lasianthera.

Intersectional Hybrids
Sebagian anggrek hibrida adalah perkawinan dari Phalaenanthe dan Latouria. Ada juga section spatulata dan latouria. Perkembangan hibrida sekarang sudah jauh antar section dendrobium.




glitter-graphics.com - Bunga Anggrek

Posted: 24 Sep 2010 08:01 PM PDT

ini keren banget...baru pertama kali loh liat anggrek seperti ini....

ANTARA News: <b>Bunga</b> Tandai Perubahan Iklim

Posted: 22 Sep 2010 01:49 AM PDT

Oslo, Norwegia (ANTARA News/Reuters) - Bunga yang diawetkan pada 150 tahun lalu sewaktu abad Victoria di Inggris yang memiliki koleksi dari berbagai Negara dapat membantu penelitian perubahan iklim, kata para ilmuwan, Rabu.

Ahli biologi membandingkan contoh anggrek laba-laba yang dipetik sewaktu musim semi di selatan Inggris pada 1848-1958, dan pada musim semi 1975-2006.

"Tahun yang lebih hangat ditandai dengan pemekaran yang lebih awal...Kedua kasus ini meneliti pemekaran yang dilakukan sekitar enam hari yang naik per satu derajat celcius pada suhu rata-rata musim semi," katanya di dalam Jurnal Ekologi.

Kecocokan antara suhu yang lebih tinggi dan kecepatan mekarnya kedua bunga anggrek yang tua ataupun baru memperlihatkan bahwa pengumpulan tumbuhan dapat menjadi sumber yang tepat untuk mempelajari iklim walaupun pemantauan suhu yang masih kurang, kata mereka.

Jenis tumbuhan dan hewan dengan jumlah koleksi yang sangat banyak dari seluruh dunia dan beberapa di antaranya berumur 250 tahun atau lebih, sangat berguna sebelum pemantau suhu digunakan pada zaman dahulu.

"Hal ini memberikan manfaat baru atas jenis yang digunakan sebagai data iklim jangka panjang," kata seorang professor Universitas Anglia, Anthony Davy, yang juga merupakan pembantu penulisan penelitian yang dipimpin oleh Karen Robbirt.

Para ilmuwan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan selama abad 19 pada 2007 rata-rata kenaikan suhu dunia sebesar 0,7 derajat, dan saat ini hal itu disebabkan oleh gas rumah kaca yang terbentuk dari pembakaran energi minyak bumi.

Lingkaran pada pohon merupakan penanda alami iklim di masa lalu. Menurut PBB, pemanasan dunia yang disebabkan oleh manusia merupakan hal yang sangat membawa pengaruh terhadap pemanasan pada setengah abad lalu.

Sebanyak 77 anggrek yang diawetkan dipetik ketika mekar penuh dan memiliki keterangan yang rinci mengenai waktu serta tempat dipetiknya. Anggrek laba-laba yang lebih awal dipetik memiliki kelopak kehijauan dan warna ungu kecoklatan yang terlihat seperti punggung laba-laba.

Davy kepada Reuters mengatakan bahwa suhu musim semi merupakan faktor utama untuk menebak waktu berkembangnya anggrek daripada ukuran cahaya matahari atau perubahan kandungan yang ada.

Davy juga menambahkan bahwa satu penelitian selanjutnya adalah perubahan iklim dapat merubah tampilan warna bunga dan serangga yang penting bagi penyerbukan mereka. Contohnya lebah yang tidak akan ada di sekitar pohon buah ketika mereka sedang berbunga.

(KR-BPY/H-AK/S026)

PENAWARAN INVESTASI <b>BUNGA ANGGREK</b> GREENHOUSE

Posted: 14 Sep 2010 06:22 AM PDT

Keterangan: Program Investasi budi daya Bunga Anggrek Greenhouse

Bagi anda yang tertarik untuk Investasi bunga anggrek greenhouse, kami membuka kerjasama dalam bentuk investasi budi daya bunga anggrek.

Kami menyediakan :
1. Bibit
2. Pupuk
3. Tenaga kerja
4. Lokasi / lahan tanah
5. Pemasaran

Investor menyediakan:
1.Dana Investasi 15 juta per ha untuk :
a.Pembelian bibit
b.Menyediakan Biaya perasional
c.Sewa Lahan per 5 tahun.
d.Pembuatan Greenhouse

Kami membuka kesempatan keapada Investor untuk bekerjasama, proyeksi kami menjamin
1.BEP dalam 1 tahun
2.Keuntungan 40% per panen dengan pembagian sharing profit
3.Masa panen di proyeksikan per bulan.

Prediksi Hasil :
Modal Investasi Rp.100JT
Laba bersih per tahun Rp.40JT

Lokasi Perkebunan daerah Bandung Barat , Purwakarta dan Kab. Cianjur selatan.

Investasi ini di jamin oleh asuransi. jadi benar-benar aman dengan resiko cukup kecil untuk Investor

Nama: Tn. Reka Rumingkamg [Direktur/CEO/Manajer Umum]
E-mail: bungabangsa52@yahoo.com
Pesan Instan
Y!: bungabangsa52@yahoo.com Y!: bungabangsa52
Nomer HP: 087 821 670 449
Nomer Telpon: 087 821 670 449
Alamat: Jl. Raya Ciranjang-Jongol No.187. Cianjur
Cianjur 37654, Jawa Barat
Indonesia

This post was submitted by Bunga Bangsa Foundation .

Gambar <b>Bunga Anggrek</b> | Gambar Bunga | Download Gambar Gratis

Posted: 31 Aug 2010 12:21 AM PDT

Gambar Bunga Anggrek Author: callysta | Filed under: Gambar Bunga

GAMBAR <b>BUNGA ANGGREK</b> &gt;&gt; Jenis &amp; Manfaat <b>Bunga Anggrek</b> | BUTIK BELLA

Posted: 26 Aug 2010 08:12 AM PDT

Selain bunga mawar dan bunga matahari, bunga anggrek menjadi salah satu bunga pilihan saya. Bunga anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsa Tiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga menjadi bunga nasional Singapura  dan Thailand.

Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan. Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan tanaman ini.

Misalnya saja, Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume.

Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Cara hidupnya secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.

Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

Penyebutan jenis-jenis anggrek hias biasa disebutkan dengan nama genusnya saja karena banyak sekali hibrida antarspesies dan antargenus yang telah dibuat. Akibatnya, penamaan anggrek memiliki semacam aturan khusus yang agak “menyimpang” dari aturan penamaan botani biasa.

Berikut adalah nama-nama genus anggrek hias populer:

1. Cattleya, bunganya besar dan spektakuler, namun sulit dipelihara
2. Dendrobium, tanaman hias paling populer dari antara jenis-jenis anggrek
3. Grammatophylum, anggotanya termasuk anggrek Papua raksasa
4. Oncidium, termasuk di dalamnya anggrek “golden shower”
5. Phalaenopsis], kepopulerannya mendekati Dendrobium. Anggrek bulan adalah salah satu jenisnya
6. Spathyphyllum, anggrek tanah
7. Vanda, biasanya sebagai bunga potong

***Sumber : id.wikipedia.org

Di bawah ini adalah GAMBAR BUNGA ANGGREK UNGU,  BUNGA ANGGREK BULAN dan BUNGA ANGGREK KASUT yang sangat indah;

<b>Bunga Anggrek</b> : Warta Warga

Posted: 05 Mar 2008 12:00 AM PST

Bunga Anggrek yang berasal dari spesies yang bernama Orchidaseae ini dikenal sebagai bunga yang tahan lama. Bunga ini juga sangat populer dengan keeksotikannya. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias. ...

Warna-Warni <b>Bunga Anggrek</b> Bulan | Berita Terkini

Posted: 06 Sep 2007 12:00 AM PDT

Siapapun pasti terpikat melihat keindahan bunga Phalaenopsis alias si anggrek bulan yang tergantung pada tangkai-tangkai bunga yang keluar dari tanaman2 anggrek yang sehat, yang sedang melayang-layang bagaikan kupu2 mengikuti semilir angin yang kerap menggerakan bunga2 tersebut. Penampilannya memang wah dan phalaenopsis agaknya semakin populer saja di kalangan hobbiis anggrek dewasa ini. Namun ada anggapan bahwa genus anggrek ini cukup sulit dipelihara apalagi untuk membuatnya berbunga, tapi ternyata dengan beberapa tips dan triks yang praktis dan sederhana ternyata phalaenopsis dapat dibuat agar rajin berbunga dengan indahnya dan tentunya akan memuaskan mata-mata yang memandang.

Beberapa tips dan trik yang efektif adalah :
1. Jika ingin memelihara dari kecil/botolan lebih baik membeli species/hibrida yang sudah mempunyai nama ataupun berasal dari silangan nursery yang sudah ahli dibidangnya. Bibit yang baik adalah langkah pertama yang penting sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
2. Jika membeli ukuran dewasa maka kenalilah dulu sifat Phalaenopsis anda sebelum membeli
3. Banyak membaca artikel2 mengenai pemeliharaan Phalaenopsis dari buku2 anggrek atau media elektronik spt internet agar semakin mengasah kemampuan kita.
4. Akar, yang sehat mutlak dibutuhkan untuk pembungaan, jadi perhatikan media yang digunakan agar akar phalaenopsis dapat tumbuh sempurna, sifat media dipilih yang dapat menyerap air tapi tidak menyimpan air, kombinasi media dapat dilakukan agar didapatkan sifat2 yang pas.
5. Tanpa akar yang sehat, maka daun tidak akan tumbuh dengan baik, ciri2 tanaman yang sehat biasanya daun baru akan tumbuh makin besar/sama besar dengan daun sebelumnya. Jagalah daun agar tetap sehat krn pada organ ini yang berguna untuk memproduksi zat hara yang akan digunakan oleh tanaman.
6. Jaga jangan sampai Phalaenopsis anda terkena hujan, daunnya yang besar dan bergelombang sering menyebabkan air hujan tertinggal dan dapat menyebabkan jamur penyakit untuk berkembang biak dan menyerang anggrek anda.
7. Jaga jangan sampai terjadi dehidrasi pada anggrek anda, lakukan penyiraman secara teratur, namun tidak berlebih.
8. Pemupukan dilakukan pada kedua bagian daun, atas dan bawah, pada waktu pagi hari sebelum cahaya matahari mengenai tanaman anda.
9. Gunakan beberapa macam pupuk, selang-seling antara pupuk kimia dan pupuk organik, jika tanaman sudah dewasa boleh digunakan pupuk booster yang berkadar P tinggi.
10. yang paling penting erhatikan 4 unsur penting dalam pemeliharaan Phalaenopsis yang tidak dapat diabaikan, diantaranya :
a. Cahaya, Phalaenopsis termasuk anggrek yang tergolong tidak tahan oleh sinar matahari langsung, sinar matahari pagi-siang yang terhalang oleh bayangan dedaunan termasuk yang paling baik untuk menunjang pertumbuhan vegetatif dan memicu pembungaan. Umumnya Phalaenopsis dinaungi oleh paranet 65% jika area tanam terbuka dan paranet 55% jika area tanam dikelilingi oleh tembok/pohon2 besar.
b. Kelembaban : Phalaenopsis suka dengan kelembaban, idealnya antara 60%-75%, terlalu lembab akan menyebabkan jamur mudah berkembang biak, terlalu kering akan menyebabkan tanaman dehidrasi. Untuk menjaga kelembaban dapat diletakan tanaman paku2an dan gentong air yg berisi tanaman dibawah pot Phalaenopsis
c. Aerasi : Phalaenopsis termasuk anggrek epifit yang biasanya menempel pada pohon induk yang tinggi, dan menyukai aliran angin yang semilir, aerasi jg menjaga kadar kelembaban agar tidak terlalu jenuh.
d: Temperatur : biasanya kunci pemicu pembungaan phalaenopsis adalah jika terjadi perbedaan suhu tertinggi – terendah sekitar 10 derajat celcius, oleh karena itu temperatur ideal untuk si kupu2 ini adalah 18-28 drjt celcius. Jk diperhatikan maka masa-masa memasuki musim hujan akan menjadi waktu ideal bagi phal anda untuk memunculkan calon spikenya.

Dengan memperhatikan semua hal diatas maka diharapkan semua hobiis dapat membungakan phalaenopsisnya sekaligus menepis anggapan bahwa memelihara phalaenopsis itu sulit, selamat mencoba.

anggrek bulan, bunga anggrek bulan, budidaya anggrek, warna bunga anggrek, gambar anggrek bulan, keindahan bunga aggrek, warna warna bunga anggrek, gambar bunga anggrek bulan, sejarah bunga anggrek, Sejarah anggrek Bulan

Baca juga:

  1. Budidaya Tanaman Anggrek
  2. Bunga Tandai Perubahan Iklim
  3. Sadis, Bunga Raflesia Ini Dipotong Satu Kelopaknya
  4. Permintaan Bunga Valentine Meningkat
  5. Fatwa Muhammadiyah Soal Bunga Bank Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar