Halaman

Kamis, 09 September 2010

bunga anggrek: obrolanBisnis.com » Lebaran, Peminat Bunga Plastik Naik Signifikan

bunga anggrek: obrolanBisnis.com » Lebaran, Peminat <b>Bunga</b> Plastik Naik Signifikan


obrolanBisnis.com » Lebaran, Peminat <b>Bunga</b> Plastik Naik Signifikan

Posted: 09 Sep 2010 04:00 AM PDT

MEDAN – Menjelang masuknya lebaran 1431 H, omzet penjualan bunga plastik meningkat signifikan hingga 100%.

Hal ini ditandai dengan tingginya permintaan bunga plastik untuk ucapan selamat lebaran, baik perorangan maupun instansi.

Delima (18) pedagang bunga plastiK musiman di Jalan Gatot Subroto tepatnya di Pasar Petisah Medan menuturkan, omset penjualan bunga plastik biasanya tidak sebanyak ini, namun menjelang datangnya hari Lebaran maupun hari-hari besar keagamaan banyak orang ingin memperindah rumahnya maupun sebagai ucapan berlebaran dengan bunga plastik.

“Biasanya pada hari biasa hanya mampu mengantongi omzet Rp 500.000, namun pada bulan ini bisa mencpai hingga 1 juta per hari,” tambahnya, hari ini, di Medan.

Adapun bunga yang dicari para pembeli biasa beraneka jenis, namun yang menjadi primadona adalah bunga anggrek, karena selain indah bunga tersebut merupakan bunga yang tergolong mewah.

“Bunga yang ditawarkan para pedagang hargapun cukup terjangkau,” ucapnya.

Iwan, salah seorang pembeli mengatakan, bunga plastik lebih praktis tidak perlu disiram dan perawatannya terbilang relatif sangat mudah. [hmt]

Lebaran, Omzet Bunga Rawabelong Capai Rp 11 Miliar

Posted: 09 Sep 2010 01:06 AM PDT

normalnya penjualan sehari-hari sebesar Rp 100 juta

Selamat Datang Di Zona Pencarian: <b>Anggrek</b> Terbaik di Dunia Itu Hilang

Posted: 08 Sep 2010 02:38 PM PDT

Beberapa kelebihan tersebut, kata Aida, yang didampingi Sekretaris PAI Yulianto, antara lain, anggrek bulan Pelaihari memiliki masa bunga cukup lama antara tiga dan enam bulan, sedangkan anggrek biasa tidak lebih dari satu bulan.

Flora-Fauna Identitas Indonesia

Posted: 07 Sep 2010 01:34 PM PDT

Didunia ini kita kenal berbagai macam flora-fauna yang dijadikan maskot/identitas suatu negara, misalkan bunga sakura itu mnjadi ciri khas atau identitas jepang. selain sakura, bunga-bunga khas lain juga menjadi identitas negara seperti belanda (bunga tulip), mawar (prancis) dll. Bagaimana dengan indonesia????

Langsung aja, berikut wbw kasih tau buat kamu:

a. Flora identitas nasional Indonesia

Pada hari Lingkungan Hidup Dunia ke-18 (5 Juli 1990), Presiden Indonesia (Soeharto) menetapkan Melati sebagai Puspa Bangsa.


Mengapa Bunga Melati dipilih sebagai Bunga Puspa Bangsa?

Konon karena bunga melati telah melekat erat dengan tradisi upacara adat, upacara kematian, dan upacara perkawinan. Bunga ini sbg perlambang sifat luhur, sperti kesucian, cinta, abadi, dan keagungan.

Selain melati, kita juga memiliki bunga Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona, dan Bunga Padma Raksasa (Reflesia) sebagai Puspa Langka.



b. Fauna yang menjadi identitas bangsa Indonesia

Pada hari Tritura ke-27, 10 Januari 1993, Presiden Republik Indonesia menetapkan tiga satwa langka Nasional, yaitu:



Satwa Darat, Komodo sebagai Satwa Nasional.
Satwa Tirta, ikan Siluk Merah sebagai Satwa Pesona.
Satwa Dirgantara, Elang Jawa sebagai Satwa Langka.

Mari sama-sama kita ikut melestarikan flora-fauna yang menjadi ciri khas identitas bangsa kita....


(Ref: ForumCeriwis)

bagi..

<b>Bunga</b> Sedap Malam dan Hari Lebaran | <b>Bunga</b> Ucapan - <b>Bunga</b> Papan <b>...</b>

Posted: 07 Sep 2010 01:10 PM PDT

         Besarnya animo masyarakat  Jakarta  terhadap bunga sedap malam pada perayaan hari lebaran membuat banyak petani bunga sedap malam telah sengaja merencanakan penanaman besar-besaran khusus untuk menyambut hari lebaran. Sehinga bunga sedap malam yang memasuki pasar bunga rawa belong jumlahnya mencapai ratusan ribu batang yang didatangkan dari berbagai daerah, seperti Sukabum, Bandung, Serang dan Pandeglang, Surabaya dan Ambarawa. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang dengan mudah dikenali hanya dengan melihat banyaknya bunga pertangkai dan besar-kecilnya batang. Bunga lain yang umumnya dipakai untuk menyelaraskan bunga sedap malam adalah bunga gradiol, anggrek douglas, aster dan bunga lain yang berfungsi menyemarakan keindahan bunga sedap malam.
          Harga bunga sedap malam menjelang hari lebaran tahun ini melonjak jauh dari tahun sebelumnya baik yang dijual eceran maupun yang dijual perikat (80-100 batang). Jika pada tahun kemarin harga 1 (satu) gabungnya (untuk jenis yang paling bagus) adalah 350,000-an, maka pada tahun ini justeru yang paling murah adalah 300,000-an. Wajar jika kemudian harga eceran terendah pada saat tulisan ini dibuat adalah 4,000/ batang. Spekulasi harga bunga sedap malam ini baru akan berakhir pada saat malam takbiran yang tahun ini jatuh pada malam jum'at. Artinya harga pasaran bunga sedap malam untuk hari lebaran ini baru bisa diketahui pada malam takbiran, baik yang dijual perbatang maupun gabungan. Harga bunga sedap malam ini bisa terus menanjak naik jika cuaca cerah dan tidak ada perbedaan hari lebaran yang diumumkan oleh beberapa organisasi besar keagamaan. Sebaliknya, harga bunga sedap malam ini juga akan menukik tajam jika terjadi perbedaan lebaran dan hujan terus mengguyur sepanjang malam takbiran. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan yang melimpah bagi seluruh umat Islam yang taat dan bagi para pedagang bunga sedap malam musiman ini.
          Jadi  harga bunga sedap malam untuk hari lebaran tahun ini diperkirakan 7,500 - 10,000/batang. Semakin kita menginginkan bunga-bunga sedap malam yang bagus dan pilihan maka akan semakin mahal harganya. Oleh karena itu, biasanya ada kombinasi yang dilakukan oleh para pengecer yang menjual per 5 batang atau per 10 batang. Di dalam satu ikatan ada yang batangnya  besar dan ada yang kecil, ada yang bunganya banyak dan ada juga yang hanya ujungnya saja. Jadi silahkan anda memilih bunga sedap malam  dengan sekasama bila anda membelinya langsung dari para pedagang musiman ini.
          Untuk bunga sedap malam dengan kualitas terbaik, silahkan menghubungi toko bunga online Anadisya Florist. Minimal pemesanan 25 batang per 1 tujuan pengiriman. Silahkan menghubungi 021-91866022 untuk keterangan lebih lanjut.

Waduh <b>Anggrek</b> Terbaik Dunia Hilang !!

Posted: 06 Sep 2010 01:00 AM PDT


Ketiga tempat tersebut, yaitu di Filipina dan di Indonesia yaitu di Bogor dan di Tanah Laut atau di Pelaihari ibukota kabupaten tersebut.

Dari tiga tempat tersebut, kata Aida yang hadir dalam acara buka bersama komunitas jurnalis "Pena Hijau" Kalsel, anggrek bulan Pelaihari yang paling bagus untuk dijadikan sebagai inti silang karena adanya berbagai kelebihan yang tidak terdapat pada anggrek jenis lainnya di daerah lain.

Beberapa kelebihan tersebut, kata Aida yang didampingi sekretaris PAI Yulianto, antara lain, anggrek bulan Pelaihari memiliki masa bunga cukup lama antara tiga sampai enam bulan sedangkan anggrek biasa tidak lebih dari satu bulan.

Selain itu, kata dia, jumlah kuntum dalam satu tangkai bisa mencapai antara 25-50 buah sedangkan anggrek biasa hanya sekitar 10-15 kuntum, dan banyak cabang dalam tangkai, sedangkan anggrek lainnya hanya satu cabang.

Anggrek bulan Pelaihari ini juga merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki bunga yang sangat indah berwarna putih bersih sehingga harganya pun cukup mahal bisa mencapai Rp5 juta satu pohon.

Sayangnya, kata Yulianto, jenis bunga yang dinobatkan sebagai bunga terbaik dunia di jenisnya tersebut, kini tidak ditemukan lagi di habitatnya, karena kesalahan kebijakan pemerintah masa lalu.

"Dulu anggrek merupakan tanaman hasil komoditas yang bisa diperjualbelikan, sehingga pada saat itu penjualan anggrek Pelaihari ke berbagai negara cukup marak, hingga akhirnya anggrek kebanggaan tersebut sulit ditemukan bahkan tidak ada lagi di hutan Pelaihari," katanya.

Beruntung, kata dia, beberapa penghobi di Pelaihari maupun di daerah Kalsel lainnya, masih menyimpan dan berhasil mengembangbiakkan bunga langka tersebut, kendati jumlahnya tidak sebanyak yang diharapkan.

Menurut Yulianto, saat ini penghobi hanya mengembangbiakkan tanaman langka tersebut dengan mengandalkan proses alam, antara lain yaitu penyebaran biji yang masak melalui angin.

Pengembangbiakan cara tersebut, kata dia, tingkat keberhasilannya hanya sekitar satu persen dari ribuan serbuk biji anggrek tersebut.

Selain itu, pengembangbiakan juga melalui anakan yang tumbuh disamping induk dan juga pengembangbiakan anakan yang tumbuh ditangkai.

Cara-cara tersebut diatas, kata dia, tingkat keberhasilannya sangat sedikit, karena hanya mengandalkan faktor alam atau alamiah tanpa media apa pun.

"Sebenarnya ada media lain yang tingkat keberhasilannya tinggi dan cepat yaitu dengan media adar(persemaian) , namun biayanya cukup tinggi, sehingga jarang penghobi yang memanfaatkan media tersebut," katanya.

Seharusnya, kata dia, pemerintah daerah dan provinsi Kalsel bisa peduli dengan hal tersebut, karena anggrek langka tersebut bisa menjadi salah satu kekayaan alam Kalsel yang tidak terhingga dan akan sangat diburu oleh pecinta anggrek dari belahan dunia.

Jangan sampai, kata Yulianto, Kalsel kembali kehilangan tiga jenis anggrek khas Kalsel seperti, "dendrobium lowii", "spathoglottis aurea" atau anggrek tanah kuning dan anggrek jenis "denbrobium" lainnya, yang kini tidak bisa lagi ditemukan baik di hutan maupun di penghobi.

Ketua Komunitas jurnalis "Pena Hijau" Denny Susanto mengatakan, pihaknya akan terus mendukung upaya pelestarian anggrek Pelaihari maupun anggrek lokal Kalsel lainnya.

"Kita akan mendorong pemerintah untuk lebih peduli dengan kekayaan alam Kalsel yang tidak terhingga ini," kata Denny usai acara buka bersama dengan anggota Pena Hijau, PAI dan PT Adaro Indonesia.



Langka

Secara nasional kata Sekretaris PAI Yulianto, terdapat sekitar 4000 jenis anggrek, yang 1000 di antaranya berada di Kalsel serta 3000 lainnya hidup di provinsi-provinsi lainnya di Kalimantan.

Dari 1000 jenis anggrek Kalsel tersebut, tujuh di antaranya merupakan anggrek langka yang dilindungi oleh undang-undang sehingga tidak bisa diperjualbelikan.

Ketujuh jenis anggrek yang dilindungi tersebut yaitu "paraphalaenopsis laycocki", "paraphalaenopsis labukensis" dan "paraphalaenopsis serpentilingua", ketiganya merupakan jenis anggrek tikus yang kini sulit didapat.

Selanjutnya, "phalaenopsis gigantea" atau anggrek bulan gajah, "coelogyne pandurata" atau anggrek hitam, "spathoglottis aurea" atau anggrek tanah kuning dan "grammatophylium speciosum".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar