Halaman

Selasa, 31 Agustus 2010

bunga anggrek: Twilight Express » Blog Archive » Kupu-kupu nasional

bunga anggrek: Twilight Express » Blog Archive » Kupu-kupu nasional


Twilight Express » Blog Archive » Kupu-kupu nasional

Posted: 30 Aug 2010 11:58 PM PDT

Jika ditanya apa bunga negara (bunga nasional) Indonesia? Banyak yang akan menjawab: Melati. Tapi mungkin ada yang menjawab : Anggrek. Dan ini tidak salah, karena memang ternyata Indonesia mempunyai 3 bunga yang ditetapkan menjadi bunga Nasional yaitu bunga Melati Putih (Jasminum Sambac) sebagai puspa bangsa, bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona dan bunga padma raksasa (Raflessia Arnoldii) sebagai puspa langka. (sumber : wikipedia)

Nah, kalau di Jepang selain bunga nasional yaitu Sakura dan Seruni, ada pula penetapan Kupu-kupu Nasional yaitu dari jenis Oomurasaki (nama jepangnya) atau nama Latinnya Sasakia Charonda, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi “great purple emperor“. Kupu-kupu jenis ini ditetapkan menjadi kupu-kupu nasional tahun 1956 oleh Asosiasi Serangga Jepang (日本昆虫学会).

Catatan Lama Buku Biru Ayahku

Posted: 27 Aug 2010 09:59 AM PDT

Sore ini matahari masih bersinar terang, namun udara terasa begitu sejuk. Sungguh indah sore ini. Aku mengambil gunting pohon dan berjalan berkeliling melihat-lihat siapa tahu ada cabang yang tidak ku kehedaki untuk tumbuh. Akan kupotong supaya penampilannya tetap menarik. Mungkin begitulah Tuhan memperlakukan manusia, memotong sifat manusia yang tidak dikehendaki supaya manusia itu tetap berkenan dihadiratNya, tapi rasanya pasti sakit. Seperti cabang bougenville muda yang kupotong. Jika ia bisa bicara, pasti bougenville ini akan protes. Aku tersenyum dengan pikiranku sendiri. Ada bunga anggrek putih yang sedang mekar. Bagusnya…, tiba-tiba aku teringat temanku Chellomitha. Perempuan cantik itu seperti bunga ini. Indah dan cantik. Dia baik. Dan anehnya, meskipun aku adik kelasnya ia tidak segan bersahabat denganku, menemaniku dan membimbingku ketika aku kesulitan menghadapi masalah di sekolah. Namun rasa ini berbeda. Aku sayang padanya. Seperti aku menyayangi Ibu atau Ayah. Kenapa aku tidak mencintainya seperti yang dirasakan teman-temanku yang lain terhadap pacar-pacar mereka. Jika boleh jujur, sebenarnya aku ingin menjadi pacarnya. Tapi ada rasa lain yang kurasakan. Hh.. aku tak tahu. Aku coba mencium bunga anggrek ini. Baunya memang tidak wangi seperti mawar atau melati, namun cukup menyegarkan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar