Halaman

Selasa, 14 Juni 2011

bunga anggrek: bunga papan - karangan bunga | Bunga duka cita: Bunga Duka Cita ...

bunga anggrek: <b>bunga</b> papan - karangan <b>bunga</b> | <b>Bunga</b> duka cita: <b>Bunga</b> Duka Cita <b>...</b>


<b>bunga</b> papan - karangan <b>bunga</b> | <b>Bunga</b> duka cita: <b>Bunga</b> Duka Cita <b>...</b>

Posted: 13 Jun 2011 09:25 PM PDT

Bunga suyok, bunga dahlia, bunga krisan, bunga anggrek, bunga aster, adalah bunga hias yang digunakan untuk menghiasi bunga duka cita, bunga-bunga indah ini dipadukan untuk mempercantik karangan bunga yang anda pesan untuk dikirimkan dalam rangka mengucapkan rasa simpati kepada relasi anda, bunga ini bisa berbentuk papan bunga, krans duka cita, dan bunga standing, untuk bunga standing yang membedakan adalah biasanya menggunakan bunga, mawar, bunga lily, bahkan bunga tulip pada rangkaiannya, hal ini membuat bunga standing lebih spesial dan lebih elegan dibandingkan bunga duka cita yang lainnya.

Pembuatan bunga duka cita, tidaklah memakan waktu yang lama,oleh sebab itu pemesanan dan pengiriman bunga duka cita bisa dilakukan secepat mungkin untuk sampai di tempat, katalog bunga duka cita yang ada di toko bunga cantik ada sekitar 100 pilihan yang bisa anda pilih untuk kebutuhan anda.

Anggrek.org - Situs Forum Pecinta Anggrek Indonesia

Posted: 12 Jun 2011 08:00 PM PDT

Situs Forum Pecinta Anggrek Indonesia (anggrek@yahoogroups.com)

Budidaya Tanaman Anggrek | Anggrek.Org - Anggrek.org - Situs Forum ...

Posted: 09 Jun 2011 11:35 AM PDT

Petunjuk singkat mengenai Budidaya anggrek yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian - Direktorat Perlindungan Hortikultura.

BUNGA ANGREK :: Keindahan Bunga Anggrek - Anne Ahira - Asian Brain ...

Posted: 09 Jun 2011 08:07 AM PDT

Kata orang, bunga anggrek merupakan simbol dari cinta dan kemewahan. Mungkin karena memang perlu rasa cinta dan ketelatenan yang luar biasa dalam merawatnya.

Tanaman anggrek terdapat hampir di seluruh negara, terutama daerah tropis seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Philipina, Cina, sampai ke benua Australia. Khusus untuk bunga anggrek yang hidup di negara yang beriklim sedang, tanaman ini hidup di tanah dan memiliki umbi sebagai bentuk adaptasinya terhadap musim dingin.

Tanaman anggrek memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan airnya bisa berasal dari embun, air hujan, maupun uap air yang terdapat di udara. Oleh karena itu tanaman ini dapat bertahan  hidup pada lingkungan yang kandungan airnya rendah.

Selain dijadikan sebagai tanaman rumahan, bunga anggrek juga sering ditemukan menempel pada batang pohon di hutan-hutan yang tumbuh secara liar. Tanaman anggrek merupakan jenis tumbuhan yang hidup secara epifit dan dapat tumbuh dengan subur pada ketinggian enam ratus meter di atas permukaan laut.

Tips Memilih Bunga Anggrek

Jika Anda ingin membeli bunga anggrek, ada beberapa tips penting yang perlu Anda simak.

  • Pastikan tanaman anggrek yang akan Anda pilih dalam keadaan sehat dan tidak sedang terserang hama penyakit. Ciri-ciri anggrek yang sehat adalah daun berwarna hijau sedang dan tampak mengkilap, serta tidak terdapat bercak-bercak yang berwarna kuning atau kecoklatan pada daun dan batang.
  • Pilihlah batang yang gemuk dan kuat. Jangan memilih tanaman anggrek dengan batang berkerut, karena kemungkinan tanaman tersebut kekurangan air.
  • Pilih anggrek yang rajin berbunga. Hal ini bisa dilihat dari bekas tangkai bunga yang terdapat pada batang.
  • Terdapat banyak anakan baru, sehingga apabila tanaman dewasa mati, akan ada gantinya.
  • Batang anggrek tertanam kokoh pada pot. Hindari batang yang mudah goyang, karena kemungkinan akarnya tidak baik atau mungkin baru saja ditanam kembali.
  • Jangan pilih jika terdapat serangga kecil yang merayap pada media tanamnya.
  • Jika Anda ingin menikmati keindahan bunga anggrek lebih lama, pilihlah tanaman anggrek yang memiliki kuntum bunga setengah mekar. Dengan demikian, anggrek akan tetap berbunga ketika Anda sudah membawanya ke rumah. 

Anggrek : Terrestrial Orchids, Epiphytes, Perawatan Bunga

Posted: 04 Jun 2011 11:19 AM PDT

Bunga yang memiliki penampilan yang elegan dan anggun ini merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Bentuknya sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas.

Beberapa diantaranya memiliki aroma yang lembut, membuat anggrek tak pernah lekang oleh waktu. Bunga eksotik ini dapat menjadi hadiah sempurna untuk berbagai kesempatan.

Jenis anggrek

Terdapat lebih dari 25.000 spesies anggrek dan lebih dari 100.000 hibrida. Beberapa orang merujuk hal ini sebagai jenis anggrek, tetapi sebenarnya hanya ada dua jenis anggrek. Diantaranya adalah jenis terrestrial orchids (anggrek yang hidup di daratan) dan epiphytes orchids (anggrek benalu).

Terrestrial orchids termasuk spesies anggrek yang tumbuh di atas tanah. Sedangkan Epiphytes adalah jenis anggrek yang tumbuh di pohon.

Baik Terrestrials dan epiphytes dapat tumbuh dengan salah satu dari dua cara yaitu dengan memunculkan tunas baru di samping tumbuhan asli sehingga menyebabkan adanya pertumbuhan anggrek yang menyebar, atau pertumbuhan baru dapat ditambahkan ke puncak, sehingga meningkatkan ketinggian dari anggrek.

Kedua jenis anggrek tersebut sangat terkenal diantara para penggemar bunga. Beberapa spesies terrestrial orchid terkenal, diantaranya Cymbidium dan Calopogon. Dan beberapa epiphytes populer adalah Dendrobiums dan Bulbophyllums.

Tentu saja, dua jenis anggrek itu juga diwakili oleh anggrek langka. Karena popularitas dari bunga ini, ada beberapa jenis anggrek langka yang terancam punah karena pengrusakan habitat atau adanya penyelundupan. Karena tingginya harga dari anggrek langka yang dapat diambil di beberapa pasar, ada beberapa anggrek langka telah menjadi punah.

Terrestrial orchids

Dari dua jenis anggrek, terrestrial orchid merupakan spesies yang paling dicari. Jenis Terrestial orchid termasuk jenis cymbium. Anggrek Cymbidium, misalnya, ada 40 jenis dan ribuan hirbida.

Ini adalah salah satu jenis anggrek yang dapat diolah. Mereka dapat berkembang di lapangan dan juga bisa tumbuh di pohon-pohon dan batu. Habitat alami mereka meluas dari Asia tenggara ke Jepang dan Australia.

Salah satu alasan anggrek Cymbidium begitu populer adalah mereka yang mudah tumbuh. Anggrek Cymbidium adalah pilihan populer untuk pemula dan mereka akan menghasilkan bunga yang indah setiap tahun tentunya dengan perawatan yang tepat.

Epiphytes

Istilah epiphytes tidak dilindungi undang-undang untuk jenis anggrek. Ia merujuk kepada tanaman yang memiliki sistem akar di atas tanah.

Dendrobiums dikenal merupakan species yang terbaik  dari jenis anggrek ini. Terdapat lebih dari 1000 jenis Dendrobiums dan mereka berasal dari India Utara, Asia Tenggara, Australia dan Polinesia.

Daerah dengan iklim tropis ini biasanya hangat, lembab sehingga cocok untuk jenis Epiphyte orchid tumbuh. Phalaenopsisconditions merupakan salah satu diantaranya.

Biasanya Dendrobiums tumbuh baik bila dirawat dengan suhu hangat dan lembab. Dendrobiums juga mudah untuk tumbuh tetapi membutuhkan perawatan yang lebih daripada Cymbidiums, selain itu Dendrobiums juga tidak berbunga secara teratur.

Spesies epiphyte lain yang juga populer adalah Phalaenopsis. Phalaenopsis (juga disebut Phals) merupakan bunga yang tahan lama dan mudah untuk tumbuh. Sering terlihat di acara pernikahan dan memiliki berbagai warna termasuk pink, kuning, dan bergaris-garis (stripes).

Dengan pembawaannya yang anggun, Anggrek cantik ini cocok untuk acara-acara khusus atau hari peringatan.

Perawatan Anggrek

Untuk merawat bunga Anggrek tidaklah sulit, berikut ini beberapa panduan sederhana yang dapat membuat Anggrek Anda selalu mekar setiap tahunnya.

-  Simpan bunga Anggrek ditempat teduh dan memiliki ventilasi baik, jauhkan dari radiator, pendingin udara (ac) dan angin kencang.

Untuk membantu menjaga tingkat kelembaban dengan baik, atur  tanaman pada baki yang berkerikil dan berair sehingga pot tanaman Anggrek berada diatas baki air. Hal ini dapat mencegah akar dari kebusukan, dan dapat meratakan kelembaban.

-  Bunga Anggrek memperoleh air dari kelembaban rata-rata di atmosfir (air diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara), mereka tidak menyerap air dengan cara tradisional seperti dari akar dan tanah.

Untuk stabilitas, anggrek sering membusuk jika akarnya berkembang di media yang terlalu basah. Pilih media yang dapat menyerap air tapi tidak menyimpan air, kombinasi media dapat dilakukan agar didapatkan sifat-sifat yang pas.

Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal tersebut. :-)

Macam-macam Jenis <b>Bunga Anggrek</b> � annisasundari tcINCY

Posted: 31 May 2011 10:11 PM PDT

Anggrek bulan ditemukan diabad ke-17. sedangkan di Indonesia ditemukannya pertama kali oleh seseorang yang bernama rumphius di daerah Ambon pada tahun 1950 yang akhirnya anggrek itu diberi nama Epidendrum Albummajus.

Kemudian pada tahun 1753,Linnaeus memberikan nama Epidendrum Amabila pada spesies anggrek bulan di Nusa Kambangan,yang setelah itu diberi nama dengan Phalaenopsis Amabilis. Sejak itu hingga sekarang anggrek bulan dikategorikan dalam genus Phalaenopsis.

Berikut kedudukan tanaman anggrek bulan dalam sistematika (taksonomi) tumbuhan diklsifikasikan di bawah ini :

Kingdom : Plantae (tumbuh-tumbuhan)anggrek bulan
Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Subdivisi : Angiospermae (berbiji tertutup)
Kelas : Monocotyledonae (biji berkeping satu)
Ordo : Orchidales
Famili : Orchidaceae
Genus : Phalaenopsis
Spesies : Phalaenopsis amabilis JJS;Phal. Javanica ;Phal amboinensis JJS,dll.

Ragam bentuk bunga,susunan dan warnanya sangat memikat hati. Tak terkecuali para kaum hawa kalau sudah kesensem bunga yang satu ini ratusan ribu rupiah harganya bukan persoalan demi mendapatkan kecantikannya.

Di bawah ini beberapa jenis atau spesies anggrek bulan yang banyak dijumpai :
1. Phalaenopsis amabilis (L) (ditemukan di daerah sulawesi)

source Gbr.Phalaenopsis amabilis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar