Halaman

Kamis, 19 Mei 2011

bunga anggrek: www.klikunic.com: Penyerbukan Anggrek Langka yang Menakjubkan

bunga anggrek: www.klikunic.com: Penyerbukan <b>Anggrek</b> Langka yang Menakjubkan


www.klikunic.com: Penyerbukan <b>Anggrek</b> Langka yang Menakjubkan

Posted: 17 May 2011 10:37 PM PDT

Hammer Orchid telah menetapkan metode penyerbukan mereka yang HANYA diserbuki oleh tawon thynnid. Itu karena labellum bunga ini telah berkembang menyerupai perut seekor tawon thynnid betina.



Sang tawon jantan yang sedang terbang di sekitar anggrek sangat terpikat oleh pheromone yang diproduksi bunga lalu mendarat di atasnya, membuat batang bereaksi bergerak mundur (gerakan berulang-ulang sehingga menyerupai gerakan palu). yang lalu membawa tawon jantan ke paket serbuk sari lengket. tawon jantan yang sadar telah tertipu lalu akan menjadi bosan mencoba dan terbang.

Fakultas Tambah <b>Bunga Anggrek</b> :: LEMBAGA PERS MAHASISWA JURNAL <b>...</b>

Posted: 10 May 2011 10:49 PM PDT

Fakultas Ekonomi Unlam menambahkan bunga anggrek dalam koleksi tanaman. Sebagaimana diketahui bunga anggrek kini telah mendunia, sudah seharusnya dibudidayakan dimanapun, termasuk di fakultas.

Kepala bagian tata usaha, Darmansyah mengatakan, tujuan penambahan bunga anggrek ini sebagai wujud fakultas untuk memperindah kampus. "Kalau kampus kita indah, mahasiswa pun merasa nyaman dan betah". Katanya.

Rencananya kedepan fakultas akan menambah lagi bunga anggrek sekitar 20an, sementara ini sudah ada 6 jenis anggrek yang ditanam.

Darmansyah berharap,  bunga anggrek ini dirawat sebaik mungkin, agar dapat tumbuh dengan baik. "kalau kita merawat bunga anggrek ini sama dengan merawat anak kecil" ujarnya.

Eksotika <b>anggrek</b> merpati « About orchids and INOS Kalsel

Posted: 10 May 2011 05:25 AM PDT

Anggrek Merpati atau Dendrobium crumenatum dikalangan masyarakat tidaklah begitu istimewa karena anggrek ini bisa di jumpai hampir di semua daerah di Asia, begitupula habitatnya yang tidak pilih-pilih sehingga sering di jumpai di pepohonan di pekarangan, kebun belakang rumah maupun tepi-tepi jalan raya.  Anggrek epifit yang satu ini memiliki bunga berwarna putih, dan harum namun bunganya tidak bertahan lama cuman mekar satu atau dua hari saja. Mungkin itulah salah satu penyebab mengapa anggrek ini tidak begitu spesial.

Namun terlepas dari hal diatas, anggrek ini memiliki kelebihan tersendiri, antara lain  bunganya harum, umumnya bunga berwarna putih bersih, mudah dikembangbiakan (mudah ditanam), rajin berbunga, dan ukuran bunga relatif cukup besar. Karena tanaman ini tidak cerewet maka banyak pemula yang mengawali belajar memelihara anggrek dengan anggrek merpati termasuk saya sendiri. Anggrek merpati biasanya berbunga ketika terpicu oleh perubahan iklim yang cukup signifikan. Misalnya ketika beberapa hari cukup panas kemudian hujan lebat, maka biasanya akan muncul bakal-bakal bunga akhirnya mekar berderet seperti burung merpati yang bertengger di dahan oleh karenanya diberi nama anggrek merpati.

bunga anggrek : definition of bunga anggrek and synonym of bunga ...

Posted: 09 May 2011 05:48 PM PDT

Definitions of bunga anggrek, synonyms, antonyms, derivatives of bunga anggrek, analogical dictionary of bunga anggrek (Indonesian)

Foto <b>Bunga Anggrek</b> Mekar di Taman | Best Photo

Posted: 08 May 2011 09:22 PM PDT

photo-photo, wallpaper, picture, artist, animal etc.

Mengenal Grammatophyllum scriptum atau <b>Anggrek</b> macan

Posted: 06 Oct 2010 12:00 AM PDT

Memang macam-macam orang memberikan sebutan pada tanaman yang pertama ditemukannya. Tidak terkecuali anggrek Grammatophyllum scriptum, banyak orang menyebutnya sebagai anggrek macan. Entah kenapa demikian. Apa karena corak warnanya yang loreng coklat dan ada yang totol coklat. Atau ketahanan dan kekuatan hidupnya yang seperti macan. Lepas dari itu, keindahan anggrek ini bila berbunga, wow….indah sekali…Tangkai bunga panjang dengan kuntum bunga yang banyak, membuat semakin takjub yang melihatnya.

Anggrek ini termasuk berumbi semu pendek, umbinya tidak tertutup oleh upih daun. Dan beberapa helai daun tumbuh dipuncak umbisemu. Perawakan (habitus) tanaman dari tipe ini mirip cymbidium. Anggrek macan ini paling baik ditanam dalam krat dan digantung. Juga dapat ditempelkan pada dahan pohon dengan sinar matahari langsung. Karena karangan bunga anggrek macan menggelantung kebawah. Jenis media tanam yang bisa digunakan untuk menanam anggrek ini pakis atau arang kayu. Anggrek macan kurang suka diganggu terlalu banyak dengan pengepotan ulang.

Grammatophillum scriptum atau yang disebut anggrek macan di Indonesia mempunyai daerah penyebaran di Papua, Makasar dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Bunga-bunga anggrek ini tidak terlalu besar. Ukuran sepalnya dengan panjang hanya 3 cm. Berwarna kehijauan pucat. Hampir seluruh permukaan sepal dan petalnya tertutup warna coklat. Pada varietas tigrinum, sepal dan petalnya mempunyai gambaran bercak-bercak besar dan rapat serta tidak teratur berwarna coklat.

Penyerbukan <b>Anggrek</b> Langka yang Menakjubkan

Posted: 06 Jul 2010 12:00 AM PDT

Sang tawon jantan yang sedang terbang di sekitar anggrek sangat terpikat oleh pheromone yang diproduksi bunga lalu mendarat di atasnya, membuat batang bereaksi bergerak mundur (gerakan berulang-ulang sehingga menyerupai gerakan palu). yang lalu membawa tawon jantan ke paket serbuk sari lengket. tawon jantan yang sadar telah tertipu lalu akan menjadi bosan mencoba dan terbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar