Rabu, 24 Agustus 2011

bunga anggrek: Koleksi Bunga Anggrek | Facebook

bunga anggrek: Koleksi Bunga Anggrek | Facebook


Koleksi Bunga Anggrek | Facebook

Posted: 23 Aug 2011 05:41 AM PDT

Community Pages are not affiliated with, or endorsed by, anyone associated with the topic.

Bunga Anggrek | Budidaya Anggrek | Jenis Anggrek | Berkebun ...

Posted: 23 Aug 2011 12:55 AM PDT

Bunga Anggrek - tanaman anggrek / orchid / bunga orkid bahasanku ini  meliputi jenis jenis klasifikasi anggrek, budidaya anggrek (menanam dan merawat anggrek), disertai dengan beberapa gambar / photo bunga anggrek baik itu anggrek Dendrobium, Anggrek Bulan / Phalaenopsis, anggrek Vanda, Oncidium, Cymbidium, Cattleya,  dll

Klasifikasi Anggrek, Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Kita bisa mengklasifikasikan anggrek berdasar beberapa kriteria berbeda sbb :
1. Berdasar tempat tumbuh terbagi menjadi :

* Anggrek Epifit, hidup menumpang pada batang / cabang tanaman lain.  contoh : Phalaenopsis sp (anggrek bulan), Dendrobium sp dan Cattleya sp
* Anggrek Terestial atau anggrek tanah – tumbuh di tanah, contoh : Renanthera,Aerides,Rynchostylis, Vanda sp dan Arachnis Sp (Anggrek Kalajengking / Ketonggeng atau anggrek laba laba)
* Anggrek Litofit – tumbuh di batu2an, contoh : Cytopdium, Paphiopedilum
* Anggrek Saprofit – tumbuh di humus atau kompos, contoh : Calanthe, Goodyera sp.

Anggrek : Terrestrial Orchids, Epiphytes, Perawatan Bunga

Posted: 22 Aug 2011 08:56 AM PDT

Bunga yang memiliki penampilan yang elegan dan anggun ini merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Bentuknya sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas.

Beberapa diantaranya memiliki aroma yang lembut, membuat anggrek tak pernah lekang oleh waktu. Bunga eksotik ini dapat menjadi hadiah sempurna untuk berbagai kesempatan.

Jenis anggrek

Terdapat lebih dari 25.000 spesies anggrek dan lebih dari 100.000 hibrida. Beberapa orang merujuk hal ini sebagai jenis anggrek, tetapi sebenarnya hanya ada dua jenis anggrek. Diantaranya adalah jenis terrestrial orchids (anggrek yang hidup di daratan) dan epiphytes orchids (anggrek benalu).

Terrestrial orchids termasuk spesies anggrek yang tumbuh di atas tanah. Sedangkan Epiphytes adalah jenis anggrek yang tumbuh di pohon.

Baik Terrestrials dan epiphytes dapat tumbuh dengan salah satu dari dua cara yaitu dengan memunculkan tunas baru di samping tumbuhan asli sehingga menyebabkan adanya pertumbuhan anggrek yang menyebar, atau pertumbuhan baru dapat ditambahkan ke puncak, sehingga meningkatkan ketinggian dari anggrek.

Kedua jenis anggrek tersebut sangat terkenal diantara para penggemar bunga. Beberapa spesies terrestrial orchid terkenal, diantaranya Cymbidium dan Calopogon. Dan beberapa epiphytes populer adalah Dendrobiums dan Bulbophyllums.

Tentu saja, dua jenis anggrek itu juga diwakili oleh anggrek langka. Karena popularitas dari bunga ini, ada beberapa jenis anggrek langka yang terancam punah karena pengrusakan habitat atau adanya penyelundupan. Karena tingginya harga dari anggrek langka yang dapat diambil di beberapa pasar, ada beberapa anggrek langka telah menjadi punah.

Terrestrial orchids

Dari dua jenis anggrek, terrestrial orchid merupakan spesies yang paling dicari. Jenis Terrestial orchid termasuk jenis cymbium. Anggrek Cymbidium, misalnya, ada 40 jenis dan ribuan hirbida.

Ini adalah salah satu jenis anggrek yang dapat diolah. Mereka dapat berkembang di lapangan dan juga bisa tumbuh di pohon-pohon dan batu. Habitat alami mereka meluas dari Asia tenggara ke Jepang dan Australia.

Salah satu alasan anggrek Cymbidium begitu populer adalah mereka yang mudah tumbuh. Anggrek Cymbidium adalah pilihan populer untuk pemula dan mereka akan menghasilkan bunga yang indah setiap tahun tentunya dengan perawatan yang tepat.

Epiphytes

Istilah epiphytes tidak dilindungi undang-undang untuk jenis anggrek. Ia merujuk kepada tanaman yang memiliki sistem akar di atas tanah.

Dendrobiums dikenal merupakan species yang terbaik  dari jenis anggrek ini. Terdapat lebih dari 1000 jenis Dendrobiums dan mereka berasal dari India Utara, Asia Tenggara, Australia dan Polinesia.

Daerah dengan iklim tropis ini biasanya hangat, lembab sehingga cocok untuk jenis Epiphyte orchid tumbuh. Phalaenopsisconditions merupakan salah satu diantaranya.

Biasanya Dendrobiums tumbuh baik bila dirawat dengan suhu hangat dan lembab. Dendrobiums juga mudah untuk tumbuh tetapi membutuhkan perawatan yang lebih daripada Cymbidiums, selain itu Dendrobiums juga tidak berbunga secara teratur.

Spesies epiphyte lain yang juga populer adalah Phalaenopsis. Phalaenopsis (juga disebut Phals) merupakan bunga yang tahan lama dan mudah untuk tumbuh. Sering terlihat di acara pernikahan dan memiliki berbagai warna termasuk pink, kuning, dan bergaris-garis (stripes).

Dengan pembawaannya yang anggun, Anggrek cantik ini cocok untuk acara-acara khusus atau hari peringatan.

Perawatan Anggrek

Untuk merawat bunga Anggrek tidaklah sulit, berikut ini beberapa panduan sederhana yang dapat membuat Anggrek Anda selalu mekar setiap tahunnya.

-  Simpan bunga Anggrek ditempat teduh dan memiliki ventilasi baik, jauhkan dari radiator, pendingin udara (ac) dan angin kencang.

Untuk membantu menjaga tingkat kelembaban dengan baik, atur  tanaman pada baki yang berkerikil dan berair sehingga pot tanaman Anggrek berada diatas baki air. Hal ini dapat mencegah akar dari kebusukan, dan dapat meratakan kelembaban.

-  Bunga Anggrek memperoleh air dari kelembaban rata-rata di atmosfir (air diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara), mereka tidak menyerap air dengan cara tradisional seperti dari akar dan tanah.

Untuk stabilitas, anggrek sering membusuk jika akarnya berkembang di media yang terlalu basah. Pilih media yang dapat menyerap air tapi tidak menyimpan air, kombinasi media dapat dilakukan agar didapatkan sifat-sifat yang pas.

Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal tersebut. :-)

Memilih <b>Anggrek</b> | MATOA

Posted: 22 Aug 2011 01:54 AM PDT

Bunga yang memiliki banyak penggemar ini bertampilan elegan dan anggun. Anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Bunga yang memiliki bentuk sangat indah dan beraroma lembut ini memiliki variasi hampir tak terbatas.

Mengetahui jenis anggrek yang umumnya tersedia akan membantu Anda menentukan jenis anggrek yang cocok dengan lingkungan rumah Anda.

Anggrek memiliki lebih dari 25.000 spesies dan lebih dari 100.000 hibrida. Dari sekian banyak spesies dan jenis hibrida, sebenarnya anggrek memiliki dua jenis yaitu anggrek yang hidup di daratan atau terrestrial orchids dan anggrek benalu atau epiphytes orchids.

Anggrek daratan merupakan jenis anggrek yang umum ditemukan. Jenis ini memiliki akar dalam tanah atau di media tanam lainnya. Sedangkan jenis anggrek benalu merupakan jenis yang tidak umum dan hidup pada pohon atau bebatuan. Anggrek benalu memperoleh bahan makanan dari bahan yang telah dikumpulkan akarnya, dan air diserap dari hujan dan kulit kayu. Akar benalu akan mengeluarkan air selama anggrek membutuhkannya.

Beragam jenis anggrek yang tersedia tergantung dari daerah tempat tinggal Anda. Kebanyakan yang akan Anda temukan adalah jenis hibrid dari anggrek daratan.

Terdapat dua kebiasaan anggrek benalu tumbuh yaitu monopodial dan sympodial. Anggrek monopodial memiliki sumbu utama, atau batang, dan akar baru yang secara langsung berasal dari batang utama. Tunas anggrek sympodial tumbuh tepat di sebelah tunas yang tua. Saat mengalami hal tersebut, anggrek akan terlihat lebih elegan ketika memiki satu atau dua tunas.

Anggrek jenis apa yang cocok untuk Anda? Salah satunya adalah anggrek yang berasal dari jenis monopodial, disebut Phalaenopsis atau anggrek ngengat. Jenis ini mudah dikembangkan karena memiliki satu bunga yang bertahan dalam waktu yang lama. Cymbidium atau anggrek kapal, jenis ini dapat dijadikan alternatif untuk para pemula. Oncidium atau anggrek setangkai, jenis ini akan menghasilkan beberapa bunga dan sederhana untuk menumbuhkannya dalam ruangan. Anggrek dendrobium, jenis ini tidak mudah menghasilkan bunga seperti tiga jenis lainnya. Namun dengan pencahayaan dan air yang tepat, jenis ini dapat dikembangkan di dalam ruangan.

Jika Anda menginginkan ruangan di rumah Anda berkesan elegan dan cantik Anda dapat memilih jenis anggrek Catteleyas, Doritis, Epidendrums (pengharum), Laelia (sering digunakan untuk korsase), Maxillaria Houtteanas, Miltonias, Paphiopedilums (sandal wanita), Rhynchostylis Coelestis, dan Rodriguezia Secundas.

Berikut merupakan tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat tanaman Anggrek kesukaan Anda:

  • Bila Anda pemula, sebaiknya pilih anggrek yang dewasa atau sudah siap berbunga untuk mengurangi resiko gagal.
  • Pilihlah anggrek yang sesuai dengan daerah tempat tinggal Anda.
  • Perhatikan intesitas cahaya yang diberikan. Berikut intesitas cahay yang disukai anggrek:

Phalaenopsis: 10 – 30 %

Cattleya: 20 – 30%

Oncidium: 55 – 65%

Dendrobium: 55 – 65%

Arachnis: 100%

Vanda teret: 100%

  • Perhatikan suhu malam dan siang yang disukai anggrek Anda. Berikut suhu malam dan siang yang disukai anggrek:

Cattleya: 13 – 16oC (suhu malam) dan 20 – 24 oC (suhu siang)

Dendrobium: 15 – 16 oC (malam) dan 26 – 27 oC (siang)

Oncidium: 15 – 18 oC (malam) dan 27 oC (siang)

Paphiopedilum: 16 – 19 oC (malam) dan 27 oC (siang)

Phalaenopsis: 19 oC (malam) dan 27 oC (siang)

Vanda: 21 oC (malam) dan 28 oC (siang)

  • Gunakan media tanam yang sesuai dengan anggrek yang Anda pilih. Untuk hasil maksimal, Anda dapat menggunakan salah satu atau gabungan media tanam berikut ini: kulit pohon pinus, pakis, moss, sabut kelapa, arang kayu, pecahan batu bata atau genteng, potongan steroform, kompos/humus.
  • Frekuensi penyiraman tergantung umur tanaman anggrek. Perhatikan tips berikut:
  1. Anggrek muda disiram 2x per hari, pagi hari (06.00 – 08.00) dan sore hari (16.00 – 18.00)
  2. Anggrek dewasa cukup disiram sekali sehari, sebaiknya pada pagi hari
  3. Jika media tanam masih lembab atau basah, tidak perlu disiram. Kebanyakan air akan menyebabkan busuk akar
  4. Sebaiknya lakukan penyiraman dengan metode spray. Semprotan tujukan pada media, batang, dan daun.
  5. Hindari menyiram area bunga karena dapat menyebabkan rontok.
  6. Gunakan air pam, jika menggunakan air hujan, sebaiknya diendapakan semalam dulu.
  7. Jika daun terlihat layu atau kuning, kemungkinan karena terlalu banyak disiram
  • Pupuk diberikan sesuai umur tanaman. Sebaiknya pemupukan dilakukan pagi hari (06.00 – 07.00) atau sore hari (16.00 – 18.00). Jika Anda menggunakan pupuk cair, semprotkan ke daun, batang, lalu ke akar.

Untuk anggrek muda, pilih pupuk yang banyak mengandung unsure N agar                     pertumbuhan vegetatif anggrek terangsang. Misalnya, dekastar 22-8-4,                           vitabloom 30-10-10, atau gandasil D 20-15-15. Sedangkan untuk anggrek                       dewasa, gunangkan pupuk yang merangsang pembungaan seperti Hyponex                     (biru): 10-40-15, gandasil B 6-20-30, atau growmore (orange) 6-30-30.

Selamat Mencoba

Sumber: ezinearticles.com dan ibujempol.com

Sumber foto: downloadgambar.com

Anggrek.org - Situs Forum Pecinta Anggrek Indonesia

Posted: 22 Aug 2011 03:41 AM PDT

Situs Forum Pecinta Anggrek Indonesia (anggrek@yahoogroups.com)

Bunga Anggrek - YouTube - YouTube - Broadcast Yourself.

Posted: 21 Aug 2011 11:49 AM PDT

Uploaded by BosseG1006 on Jun 13, 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar